Jember  

17 Kali Gempa Susulan di Jember tidak Berpotensi Tsunami

Jember – Gempa bumi susulan kembali terjadi di Samudra Hindia wilayah Jember, Jawa Timur (Jatim). Gempa tersebut terjadi sebanyak 17 kali pada 6 Desember 2022 hingga pukul 16.20 WIB.

Sebagaimana bahan dan keterangan yang dikumpulkan dari 7 kecamatan oleh Pusdalops BPBD Kabupaten Jember, dampak gempa bumi tidak dirasakan di Kecamatan Rambipuji, tapi cukup keras di Kecamatan Ambulu.

Sementara, dampak gempa bumi terasa ringan di 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Puger, Kencong, Sumberbaru, Tanggul, dan Kalisat.

Hasil pemodelan sebagaimana dirilis oleh Pusdalops BPBD Kabupaten Jember menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Pusdalops BPBD Kabupaten Jember masih terus melakukan pemantauan terkait gempa yang terjadi.

Pusdalops BPBD Kabupaten Jember mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com