Budaya  

Agama Paling Gila di Dunia

Foto Ilustrasi Sekte Paling Gila di Dunia

Bangkalan – Percaya kepada Tuhan merupakan inti manusia beragama. Menurut aliran inti/pokok (ortodok) keagamaan—baik agama langit (samawi) maupun agama bumi (ardhi)—menyakini adanya Tuhan adalah prinsip dasar keagamaan.

Namun demikian, ada sekelompok orang di dunia yang mengklaim dirinya beragama (termasuk juga yang beragama imitasi) tapi tidak menyembah Tuhan. Orang-orang ini tergabung ke dalam dalam satu sekte baru, yang bisa disebut sempalan dari aliran induk keagamaan.

Menurut aliran induk (mayoritas) keagamaan, ideologi keagamaan sekte ini tentu masuk kategori aliran sesat. Tapi sebaliknya menurut pandangan sekte ini, tentu ideologi keagamaannya tidak mau dikatakan demikian.

Terlepas dari perdebatan itu semua—sesat atau tidak sesat—sekte sempalan selalu ada dalam kehidupan keagamaan masyarakat. Menurut Laura Sancho (2020) yang dilansir Madurapers dari safe365 di laman https://safe365.com ada enam sekte yang menjadi agama paling gila dan aneh di dunia.

Keenam sekte/agama ini: (1) Pastafarianisme, (2) pemuja Unicorn Merah Muda yang Tak Terlihat, (3) Gereja Presleyterian, (4) Gereja Maradona, (5) Jediisme, dan (6) Scientologi.

Pastafarianisme (Pastafarianism) ini didirikan oleh Booby Henderson di Amerika Serikat pada akhir tahun 2005. Aliran keagamaan ini lahir sebagai bentuk ungkapan protes sosial terhadap keputusan Badan Pendidikan Negara Bagian Kansas, Amerika Serikat, yang mengharuskan sekolah mengajarkan teori perancangan cerdas sebagai teori alternatif dari teori evolusi.

BACA JUGA:  Suku Paling Berbahaya di Dunia

Agama parodi ini menciptakan kepercayaan parodi bahwa Monster Spaghetti Terbang (the Flying Spaghetti Monster) sebagai makhluk gaib yang menciptakan dunia 5.000 tahun yang lalu. Makhluk gaib ini menciptakan dunia ketika dia dalam keadaaan mabuk. Kepercayaan yang aneh agama ini membuat banyak orang menolaknya.

Agama Unicorn Merah Muda yang Tak Terlihat (Invisible Pink Unicorn) merupakan agama parodi (non-theisme) yang diciptakan grup usanet (atheis) pada 1990. Tujuan pembentukan kepercayaan parodi ini untuk menyindir (mendiskreditkan) agama yang mempercayai keberadaan Tuhan.

Menurut para pengikutnya—sebagai sindiran terhadap para pengikut agama—dunia diciptakan oleh dewi berbentuk Unicorn Berwarna Merah Muda yang Tak Terlihat.

Meski tujuan pendiriannya demikian, kepercayaan ini tetap dapat diklasifikasikan sebagai agama, tapi agama imitasi (pseudo religion). Pengikut agama ini banyak ditemukan di Amerika Serikat, Austria, Polandia, dan beberapa negara Eropa Barat.

Gereja Presleyterian (Presleyterian Church) merupakan aliran keagamaan pemuja makhluk gaib dan selebriti Elvis Presley. Menurut agama ini, umatnya (penganut aliran ini) harus menghadap/melihat ke Las Vegas sekali dalam satu hari dan berziarah (setidaknya sekali dalam hidupnya) ke Graceland, Amerika Serikat.

BACA JUGA:  Rekonstruksi Bentuk Rumah Adat Madura

Dalam agama ini ada 31 (tiga puluh satu) perintah pada pengikutnya untuk mengkonsumsi berbagai produk komoditi/pabrikan. Produk tersebut seperti bacon (daging babi dan daging hewan lainnya produk bacon), Pepsi, selai kacang, cerutu El Producto, pencahar Feenamint, dan produk lainnya. Agama ini memiliki banyak pengikut di Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa negara Eropa Barat.

Gereja Maradona (Maradonian Church) merupakan aliran keagamaan pemuja Diego Armando Maradona. Agama ini didirikan oleh pengikut/pemuja Diego Armando Maradona (mantan pemain sepak bola Argentina) di Argentina pada tahun 1998.

Pasca tahun 1998 agama aneh ini berkembang ke beberapa negara di dunia. Agama ini memiliki 10 (sepuluh) perintah “Diego Nuestro” pada pengikutnya. Sepuluh perintah tersebut sebagai pengganti doa pada umumnya di gereja.

Jediisme (Jediism) merupakan gerakan keagamaan baru non-theisme. Agama ini pemuja dewa the Force (kekuatan) sebagai energi alami penting dari alam semesta.

Didirikan pada tahun 2001, agama ini mempercayai bahwa Kekuatan (the Force) sebagai manifestasi (perwujudan) Tuhan. Pendirian agama ini berdasarkan pada pemikiran falsafah dan spiritual Jedi yang dikisahkan dalam film Star Wars karya George Lucas. Agama ini memiliki banyak pengikut di Inggris, Ceko, Kanada, dan Australia.

BACA JUGA:  Budaya Paling Unik di Dunia

Scientologi (Scientology) adalah agama aneh yang didirikan oleh L. Ron Hubbard di Amerika Serikat pada tahun 1954. Agama ini meyakini bahwa manusia merupakan makhluk spiritual abadi yang telah melupakan sifat aslinya dan dibawa oleh Xenu, diktator Federasi Galaksi, dalam sebuah pesawat ruang angkasa.

Pengikut agama ini banyak ditemukan Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Inggris, Rusia, Israel, Australia, dan beberapa negara lainnya.

Selain agama-agama gila/aneh tersebut, masih ada agama lain yang tak kalah gila/anehnya. Agama ini seperti sekte penyembah Rambo atau Chuck Norris, Damanhur (sekte yang menginspirasi film Avatar), yang disebut Ho no Hana, Nuwaubianisme dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan