Camat Banyuates Tanggapi Keluhan Warga Terkait Tumpukan Sampah

Foto: Camat Banyuates, Fajar Sidiq, SSTP, M.Si (doc.Anaf)

Sampang – Camat Banyuates, Fajar Sidiq, SSTP, M.Si, angkat bicara soal keluhan warga terkait sampah yang menumpuk di Kecamatan Banyuates, tepatnya di pinggir Jalan raya Banyuates – Masaran yang awalnya diduga tidak ada perhatian dari pemerintah. 

“Perlu diketahui bahwa banyuates memang belum punya TPS (Tempat Pembuangan Sampah) dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) kita ada di Kecamatan Ketapang,” tutur Fajar saat ditemui di kantornya, Senin (19/04/2021).

Mengantisipasi penanganan sampah, pihaknya pernah melakukan pembangunan melalui anggaran sarana dan prasarana (sarpras) lingkungan kecamatan dengan membangun TPS dalam berbentuk taman.

“Pernah dilakukan pembangunan TPS dalam bentuk taman dengan anggaran sarana dan prasarana (sarpras) lingkungan kecamatan untuk mengantisipasi penanganan sampah yang berada di wilayah Kecamatan Banyuates,” jelasnya.

Akan tetapi, menurut keterangannya, hal itu tidak bertahan lama, buktinya saat ini sudah ada sampah yang menumpuk. Karena yang dibutuhkan  adalah TPA ataupun TPS.

“Kami sudah koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, tahun ini di banyuates akan di bangun Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), hanya nunggu anggaran saja. Bahkan, lokasi sudah di survei,” paparnya.

BACA JUGA:  Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2021, Kapolres Sampang Bacakan Sambutan Kapolda Jatim

Sembari menunggu pembangunan tersebut, Fajar berharap kerjasama dari semua unsur dalam menanggulangi tumpukan sampah.

“Menunggu pembangunan TPS3R, Kami berharap kerjasamanya dari semua kalangan. Ayo Kita budayakan buang sampah pada tempatnya,” ajaknya.

Ia juga mengatakan bahwa adanya sampah yang menumpuk dikarenakan keterbatasan armada dan personil. Sedangkan armada terpusat di ketapang dan melayani empat Kecamatan.

doc. Madurapers

“Dengan keterbatasan armada maka wajar jika ada sampah yang tidak cepat tertangani.”

“Solusi yang akan kita lakukan adalah pembangunan TPS3R yang akan dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sampang dan ini akan segera terealisasi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan