Hikmah  

Doa (Permohonan) di Hari Jumat

Ilustrasi Orang Berdoa Kepada Allah S.W.T

Bangkalan – Banyak Umat Islam mengetahui bahwa ada waktu tertentu di hari Jumat (waktu yang sangat singkat) apa pun yang diminta (doa) oleh Umat Islam kepada Allah S.W.T., akan dikabulkan.  Lalu, pertanyaannya apakah benar hal tersebut?

Dilansir dari Islamweb di laman https://www.islamweb.net bahwa pengetahuan hal tersebut benar. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad s.a.w., berkata, Ada suatu waktu pada hari Jumat di mana tidak ada seorang hamba Muslim yang berdoa dan meminta sesuatu kepada Allah (yang baik) tetapi Dia akan memberikannya kepadanya.”

Dalam riwayat lain, Nabi Muhammad s.a.w., juga berkata, Ini adalah waktu yang sangat singkat.

Hadits ini jelas sangat jelas bahwa Nabi Muhammad s.a.w., memberitahu kita bahwa ada waktu pada hari Jumat di mana Allah menerima doa orang-orang yang berdoa kepada-Nya.

Waktunya di hari Jumat menurut hadist nabi adalah setelah shalat Ashar atau jam terakhir di hari Jumat. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Jaabir bahwa Nabi Muhammad s.a.w., bersabda, Jumat dibagi menjadi dua belas jam. Di antaranya ada saat di mana seorang Muslim tidak meminta apa pun kepada Allah kecuali Dia memberikannya kepadanya. Maka carilah di saat-saat terakhir setelah shalat Ashar.

Hadits lain diriwayatkan oleh Abu Salamah ibn Abdurrahman bahwa waktu yang dimaksud adalah jam terakhir di hari Jumat.

Lalu, bagaimana niatnya melaksanakan doa tersebut? Islamweb menjelaskan bahwa tidak ada doa khusus di hari Jumat tersebut dan doanya (permohonan) yang membutuhkan hanyalah niat yang benar.

BACA JUGA:  Adab Berbicara dalam Islam

Allah S.W.T., menerima doa-doa yang tidak mengandung dosa atau memutus hubungan kerabat (sliturrahmi). Seseorang harus tahu bahwa permohonan (doa) diterima Allah S.W.T., ketika mereka memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh syari’at. Syarat yang paling utama adalah mengikuti perintah Allah S.W.T., dan rasul-Nya, dan menjauhi segala larangan-Nya.

Ketika Allah memerintahkan orang untuk berdoa kepada-Nya dan Dia berjanji bahwa Dia akan menerima doa mereka, Dia juga memerintahkan mereka untuk mengikuti perintah-Nya sehingga doa akan diterima.

Tinggalkan Balasan