Tokoh  

Jean Baudrillard: Pemikiran dan Karyanya

Jean Baudrillard, filsuf asal Prancis yang terkenal karena kontribusinya dalam bidang sosiologi, filsafat, dan budaya (Dok. Madurapers, 2024).
Jean Baudrillard, filsuf asal Prancis yang terkenal karena kontribusinya dalam bidang sosiologi, filsafat, dan budaya (Dok. Madurapers, 2024).

Jean Baudrillard adalah seorang filsuf asal Prancis yang terkenal karena kontribusinya dalam bidang sosiologi, filsafat, dan budaya. Pemikiran-pemikirannya telah mempengaruhi berbagai disiplin ilmu, mulai dari teori media hingga studi budaya.

Jean Baudrillard lahir pada tanggal 27 Juli 1929 di Reims, Prancis. Dia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Reims sebelum pindah ke Paris untuk mengejar pendidikan tinggi. Di sana, ia belajar di Universitas Paris-Nanterre, di mana ia mendapatkan gelar sarjana dalam bidang sosiologi. Setelah itu, Baudrillard melanjutkan studinya di Sekolah Tinggi untuk Studi Sosial, di mana dia mendapatkan gelar magister dalam bidang filsafat.

Salah satu kontribusi utama Baudrillard adalah konsep simulasi. Menurutnya, dunia modern telah menjadi semacam simulasi di mana realitas telah digantikan oleh representasi-representasi dari realitas itu sendiri. Dalam bukunya yang terkenal, “Simulacra and Simulation” (1981), Baudrillard menjelaskan bagaimana media, teknologi, dan budaya konsumsi telah menciptakan dunia di mana perbedaan antara apa yang nyata dan apa yang tidak nyata menjadi kabur.

Baudrillard juga dikenal karena konsep hiperealitas, yang mengacu pada realitas yang lebih nyata dari realitas itu sendiri. Baginya, dalam era di mana kita hidup, realitas telah kehilangan substansinya dan telah digantikan oleh citra-citra yang diproduksi secara massal. Sebagai contoh, dia menggunakan istilah “mal” untuk merujuk pada mal yang menjadi semacam pusat perbelanjaan yang tidak hanya menawarkan barang-barang untuk dibeli, tetapi juga menyediakan pengalaman dan simulasi dari apa yang sebenarnya.

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca