Kadiv Propam Kunjungan Kerja ke Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya

Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo sewaktu melakukan kunker di Polda Jatim, Jumat (21/1/2022) didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Wakapolda Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo serta Pejabat Utama Polda Jatim (Sumber Foto : Bid Humas Polda Jatim)

Surabaya – Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) melakukan kunjungan kerja (kunker) di Polda Jawa Timur pada Jumat, 21 Januari 2022. Kunker ini disambut hangat Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Wakapolda Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo beserta seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim dan para Kapolres jajaran Polda Jawa Timur, Jumat (21/1/2022).

Kunker tersebut didampingi oleh Irjen Pol Ferdy Sambo didampingi Karopaminal Brigjen Pol Hendra Kurniawan Karoprovos Brigjen Pol Benny Ali serta Karowabprof Brigjen Pol Anggoro Sukartono.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan (kanan) sambut hangat kedatangan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, Kamis (20/1/2022) untuk melaksanakan sidak dan kunker ke Mako Polrestabes Surabaya (Sumber Foto : Humas Polrestabes Surabaya)

Tujuan kunker Div Propam Polri terang Irjen Pol Ferdy Sambo ini untuk memastikan implementasi serta pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Polri. Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo seusai memberikan pengarahan kepada Aggota Polri jajaran Polda Jatim dilanjutkan menyerahkan penghargaan terhadap anggota Bidpropam Polda Jatim dengan kinerja terbaik.

Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di gedung Mahameru Polda Jatim, yang dihadiri oleh Anggota Polres jajaran Polda Jatim secara virtual di masing-masing Polres.

Kegiatan ini, sambung Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai upaya pencegahan dan mitigasi dalam rangka mengurangi pelanggaran anggota yang terjadi di lapangan.

“Dalam pelaksanaan ini kami melaksanakan di tiga Polda. Selain itu, juga kami laksanakan di beberapa Polres dan Polsek untuk mengetahui kegiatan kegiatan operasional yang dilakukan oleh anggota di lapangan apakah sudah sesuai prosedur pelaksaan tugas yang sudah diatur dalam Standar Operasioral Prosedur (SOP),” ungkap Sambo, panggilan karibnya.

BACA JUGA:  Irjen Pol Nico Afinta Temui Kepala Badan Intelijen Jatim, Membahas Apa?

Beberapa temuan Div Propam Polri sambung Sambo, yang dilakukan pihaknya bahwa SOP dan kegiatan tugas pokok ini harus terus ditingkatkan, mulai dari tingkat mendasar bertahun-tahun sudah ada standartnya.

Di Propam Polri menurut Sambo hadir untuk mengingatkan kembali kepada anggota di lapangan.

“Sehingga dalam pelaksanaan tugas ini sesuai dengan aturan, supaya bisa tidak terjadi pelanggaran yang kita lakukan,” harapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya sudah melakukan peninjauan terhadap ruang ruang sel tahanan dan ruang pelayanan. Hal ini kata Sambo, selain penanganan COVID-19 yang dilakukan secara maksimal oleh anggota tidak mengurangi pelayanan maksimal anggota Polri kepada masyarakat.

“Harapan kami ke depan, dengan upaya pencegahan dan mitigasi ini, kita bisa menurunkan atau bisa mengatasi dan mengurangi pelanggaran-pelanggaran anggota,” tandasnya.

Tentunya, kerjasama Kapolda dan Wakapolda dan seluruh pejabat utama di Polda Jatim harap Sambo bisa mendukung bersama-sama pencegahan dan mitigasi dalam upaya yang maksimal.

Sehingga anggota Polri, lanjut Sambo bisa melaksanakan tugas-tugas pelayanan masyarakat yang terbaik.

BACA JUGA:  Pemuda Berusia Belia dan Tukang Becak Disergap Polisi Gegara Edarkan Sabu

Sebelumnya, Sambo bersama rombongan dari Div Propam Polri didampingi Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi, melakukan kunker sekaligus inspeksi mendadak (sidak) ke Markas Komando (Mako) Polrestabes Surabaya pada Kamis malam 20 Januari 2022.

Tim dari Div Propam Polri melakukan pengecekan mulai dari kondisi ruangan-ruangan satuan fungsi, buku mutasi, laporan rencana kegiatan, dan hasil kegiatan, pos penjagaan hingga kondisi tahanan Polrestabes Surabaya.

“Tujuan kami ke sini bukan untuk mencari-cari kesalahan. Namun untuk memastikan semua sudah berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Apabila ada yang kurang tepat, maka akan kami ingatkan dan benahi. Karena ini sebagai wujud kecintaan kami terhadap institusi Polri ini. Apabila ada Anggota Polri yang melakukan pelanggaran tentu akan dikukan tindakan tegas,” janjinya.

Tim Div Propam Polri juga melakukan pengecekan secara langsung dan memberikan apresiasi atas kesiapan dan manajemen pengamanan di Polrestabes Surabaya, terutama pada kondisi di ruang tahanan.

Sambo melontarkan pujian berkaitan ruang tahanan Polrestabes Surabaya yang dinilainya paling rapi dan bersih.

“Kami sudah melakukan pengecekan juga di beberapa Polres lain dan ruangan tahanan Polrestabes Surabaya ini bisa dijadikan contoh bagi Polres yang lain karena kebersihannya,” tambah Kombes Pol Murbani Budi, salah satu Perwira Menengah (Pamen) dari Div Propam Polri yang mengikuti kunker dan sidak tersebut.

BACA JUGA:  Polrestabes Surabaya Terjunkan Personel Pamor Keris Antisipasi Omicron

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan bersama para pejabat utama menyambut baik kedatangan tim Div Propam Polri di Polrestabes Surabaya.

Ndan Yusep, panggilan populisnya, menyatakan pihaknya berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan siap melakukan evaluasi sekaligus koreksi bila ada suatu hal yang dirasa kurang tepat.

Alhamdulillah Polrestabes Surabaya mendapatkan apresiasi dari tim Divisi Propam Polri secara langsung dalam rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) singkat di ruang M. Yasin setelah melakukan sidak di beberapa ruangan kerja hingga ruangan tahanan Polrestabes Surabaya,” ucap Ndan Yusep sumringah.

Tinggalkan Balasan