Hikmah  

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

Shalat Tarawih
Shalat Tarawih di bulan Ramadhan

Bangkalan – Shalat tarawih merupakan salah satu amalan sunnah yang hanya bisa dikerjakan pada malam hari di Bulan Ramadhan.

Ada banyak keutamaan shalat tarawih bagi yang menjalankannya. Keutamaan itu adalah diampuni dosanya dan dicatat sama dengan shalat selama semalam suntuk.

Namun demikian, masih banyak lagi keutamaan shalat tarawih. Berikut keutamaan sholat tarawih hari ke 1-30 di Bulan Ramadhan.

Malam ke-1, keluarnya dosa orang mukmin. Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib r.a., bahwa sesungguhnya Ali berkata: “Nabi s.a.w., ditanya tentang keutamaan tarawih di bulan Ramadhan. Maka Nabi s.a.w., menjawab: “pada malam pertama keluarlah dosa orang mukmin (yang melakukan tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia di dunia.”

Malam ke-2, diampuni dosa kedua orang tua. Pada malam ke-2, orang yang shalat tarawih akan diampuni dosanya dan dosa ke-2 orang tuanya jika keduanya mukmin.

Malam ke-3, diampuni Allah. Pada malam yang ke-3, malaikat di bawah Arasy berseru mulailah melakukan amal kebaikan (shalat tarawih) maka Allah akan mengampuni dosamu.

Malam ke-4, berpahala seperti membaca Al-Qur’an. Pada malam yang ke-4, bagi yang melakukan tarawih dapat pahala sebagaimana pahala orang yang membaca kitab Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Qur’an.

Malam ke-5, dapat pahala seperti shalat di Masjidil Haram. Pada malam yang ke-5, Allah memberikan pahala bagi yang tarawih sebagaimana pahalanya orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah/Nabawi dan Masjidil Aqsha.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca