KKN 01 IST Annuqayah Sukses Olah Buah Siwalan Jadi Palmy Crunchy

KKN 01 IST Annuqayah saat melakukan olah buah siwalan jadi Palmy Crunchy dalam kegiatan denga tema 'Inovasi Olahan Produk Pangan Baru Sebagai Ide Kewirausahaan' pada Kamis, 04 Agustus 2022 kemaren. (Sumber Foto: Istimewa).

Sumenep – Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) 01 Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah, Posko Desa Banaresep Timur, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, sukses olah buah siwalan jadi Palmy Crunchy. Jumat, 5 Agustus 2022.

Diketahui, suksesnya KKN 01 IST Annuqayah tersebut, saat mengadakan kegiatan denga tema ‘Inovasi Olahan Produk Pangan Baru Sebagai Ide Kewirausahaan’ pada Kamis, 04 Agustus 2022 kemaren sekitar pukul 08:52 WIB.

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Banaresep Timur, diikuti oleh pelaku ekonomi buah siwalan, Ibu-ibu dari Dusun Ares Desa Banaresep Timur.

Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari segi ekonomi dengan cara memanfaatkan potensi yang ada di desa itu.

Selain potensi ekonomi, juga diharapkan dapat menjadi ide kewirausahaan baru dalam membuka lapangan pekerjaan.

Diketahui, mayoritas potensi di Desa Banaresep Timur berupa siwalan yang menurut masyarakat sekitar belum dimanfaatkan secara optimal.

Dari enam Dusun yang ada di Desa Banaresep Timur, Kecamatan Lenteng Sumenep ini, yang termasuk Dusun dengan potensi siwalan terbanyak adalah Dusun Ares.

Sebelumnya, buah siwalan oleh masyarakat setempat hanya dijual dalam bentuk mentahnya saja atau bahkan terbuang sia-sia. Namun, dengan adanya kegiatan inovasi olah siwalan menjadi Stik Siwalan ini diharapkan menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat pasca pandemi covid-19.

Salah satu anggota kelompok KKN 01 IST Annuqayah Posko Desa Banaresep Timur, Hilmatun Ni’mah mengatakan jika program peningkatan ekonomi lokal tersebut diambil dari potensi utama masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca