Konsep Pentahelix, Jurus Baru BNPT Tanggulangi Terorisme 2022

Rapim BNPT, Kamis (6/1/2022) juga membahas paparan rencana kerja dan anggaran tahun 2022 pada masing - masing unit kerja (Sumber foto : Biro Perencanaan, Hukum dan Hubungan Masyarakat BNPT)

Jakarta – Sambut tahun 2022, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) yang dilaksanakan di Kantor BNPT Jakarta, Kamis (06/1/2022). Pada rapat ini, Kepala BNPT Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar menyampaikan arah kebijakan dan program kerja BNPT di tahun 2022.

Kepala BNPT memberikan arah kebijakan penanggulangan terorisme tahun 2022 dilaksanakan dengan konsep Pentahelix, yang mana dalam pencapaian tujuan kelembagaan dilaksanakan dengan kerjasama dan kolaborasi secara multipihak (banyak pihak, Red) melibatkan unsur Pemerintah, akademisi, badan atau lembaga, pelaku usaha, masyarakat, komunitas, media hingga pelaku seni.

Konsep multipihak ini menurut Boy, panggilan karib Jenderal Polisi bintang tiga ini, akan menggunakan seluruh potensi nasional dalam membentuk kekuatan nasional melawan ideologi radikalisme dan terorisme guna menjaga generasi saat ini dan generasi yang akan datang.

“Pentahelix ini artinya multipihak. Ini menandakan tantangan dalam menghadapi terorisme berada di semua lini. Kita kembangan terus penetrasi kita ke semua pihak. Tidak ada yang kebal akan ideologi terorisme. Semua pihak harus melawan ideologi terorisme,” jelasnya.

BACA JUGA:  Polres Pamekasan Buru Pelaku Pencurian Ponsel yang Meresahkan Warga

Dalam paparannya, Boy Kepala membagi arah kebijakan menjadi 3 (tiga) bidang yang terdiri dari bidang operasional, bidang pembinaan dan bidang pembangunan kekuatan. Ia juga menekankan dalam pelaksanaan tiga bidang tersebut perlu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, sehingga visi dan misi BNPT dapat tercapai secara optimal.

Mantan Kapolda Papua ini mengingatkan pentingnya menguasai ruang publik dalam berjuang mengambil simpati masyarakat untuk bersama-sama menjaga Ideologi Pancasila dari terpaan ideologi transnasional yang merongrong bangsa Indonesia. Boy menyadari untuk terus memperluas desiminasi informasi perlu sebuah inovasi.

“Karena jika follower kita hanya sedikit akan percuma. Kanal-kanal informasi kita harus dapat merajai seluruh kanal yang digunakan oleh masyarakat” harapnya.

Rapim awal tahun ini dihadiri oleh Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo,S.IP., Inspektur BNPT Catur Iman Pratignyo, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nisan Setiadi, S.E., Deputi Bidang Penindakan dan Penegakan Hukum BNPT Brigjen Pol Ibnu Suhendra dan Plh Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, Brigjen Pol Drs. Kris Erlangga A.W., yang dalam kesempatan itu turut memberikan paparan rencana kerja dan anggaran tahun 2022 pada masing-masing unit kerja.

BACA JUGA:  Bupati Fauzi Resmikan 2 Puskesmas Bertaraf Permenkes 

Tinggalkan Balasan