RSUD dr. H. Moh. Anwar Miliki Laboratorium Kesehatan Terlengkap di Sumenep

Hubungan Masyarakat (Humas) RSUD dr. H. Moh. Anwar, Arman Endika Putra. (Sumber Foto: Fauzi).

Sumenep – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, miliki fasilitas pelayanan laboratorium terlengkap, Rabu (6/4/22).

Hubungan Masyarakat (Humas) RSUD dr. H. Moh. Anwar, Arman Endika Putra, mengatakan bahwa laboratorium termasuk yang paling lengkap yang ada di kabupaten yang dikenal dengan sebutan Kota Keris.

“Kami punya sejumlah laboratorium, diantaranya laboratorium Patologi Klinik (PK), Mikro Biologi (MK), dan Bio Molekuler (BM),” kata pria yang akrab disapa Arman kepada jurnalis madurapers.com, Rabu (6/4/22).

Menurutnya, laboratorium PK adalah berkaitan dengan pemeriksaan gula darah dan ukurannya. Sedangkan, laboratorium MB mendiagnosa penyakit inveksi untuk memberikan obat yang efektif terhadap penderitanya.

“Bisa jadi, obat mahal tidak cocok terhadap bakteri yang ada di orang itu. Malahan, obat yang sekedar tetapi efektif untuk pengobatan,” katanya menjelaskan.

“Laboratorium MB ini menentukan efektivitas pengobatan terhadap penderitanya,” sambungnya.

Kemudian, lanjut Arman, rumah sakit yang beralamat di Jl. DR. Cipto No.35, Gudang, Kolor, Kec. Kota Sumenep ini, juga memiliki laboratorium BM. Di mana, Laboratorium BM ini saat ini digunakan untuk tes PCR (Polymerase Chain Reaction).

“Nantinya akan berkembang lagi, sementara hanya digunakan untuk VCR,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, dirinya menambahkan bahwa pihak RSUD juga memiliki laboratorium yang mampu mendiagnosa penyakit berkenaan dengan penyakit kangker,

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca