Sah! Bupati Bangkalan Tunda Pilkades Tanah Merah Laok, Ini Alasannya

SK Bupati Bangkalan 188.45/103/Kpts/433.013/2021, tertanggal 16 April 2021 yang ditandatangani langsung oleh Bupati Bangkalan, Abdul Latif Amin Imron.

Bangkalan – Bupati Bangkalan keluarkan Surat Keputusan (SK) penundaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Desa Tanah Merah Laok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan pada 16 April 2021.

Surat  tersebut bernomor 188.45/103/Kpts/433.013/2021, tertanggal 16 April 2021 yang ditandatangani langsung oleh Bupati Bangkalan, Abdul Latif Amin Imron.

Terlihat dari konsideran menimbang dalam surat keputusan tersebut, Bupati beralasan, pertama, terdapat desakan dari berbagai pihak termasuk dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangkalan, Pilkades Tanah Merah Laok, untuk dihentikan dan ditunda pelaksanaanya pada gelombang berikutnya.

Kedua, desakan tersebut didasarkan atas dugaan panitia Pilkades Tanah Merah Laok tidak netral dan terdapat konflik yang dikhawatirkan meluas bila tetap dilaksanakan.

Ketiga, penundaan tersebut didasarkan pada laporan TFPKD (Tim Fasilitasi Pemilihan Kepala Desa) Nomor 11/TFPKD/IV/2021 tentang Monitoring Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Tanah Merah Laok.

Keempat, bahwa dalam surat laporan TFPKD tersebut, posisi ketua panitia dijabat oleh Sekretaris Desa (Sekdes) sedangkan para calon kepala desa terdiri dari incumbent dan perangkat desa, sehingga netralitas dan imparsialitas panitia dinilai terganggu.

BACA JUGA:  Ketua DPD PAN Bangkalan: Perbandingan Menag tidak Bijak

Kelima, bahwa dalam surat laporan TFPKD tersebut, pembentukan panitia yang dilakukan BPD dinilai cacat hukum karena tidak dilakukan secara terbuka dan melanggar peraturan Bupati Nomor 89 tahun 2020,  karena bendahara tidak dijabat oleh Kaur Keuangan Pemerintahan Desa.

Keenam, bahwa mengingat waktu pelaksanaan pemungutan suara sudah dekat, 2 Mei 2021, maka tidak memungkinkan untuk membentuk panitia pemilihan kepala desa yang baru beserta seluruh tahapannya di tahun 2021 ini.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka diputuskan, Panitia Pemilihan Kepala Desa Tanah Merah Laok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan dinyatakan bubar. Seluruh tahapan yang telah berjalan dinyatakan batal dan, Pemilihan Kepala Desa Tanah Merah Laok ditunda pada tahun 2022.

Tinggalkan Balasan