Sumenep Gelar Pilkades Lanjutan, Ratusan Personel Polres Disiagakan

Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Sumenep bersama Komandan Distrik Militer (Dandim) 0827 meninjau langsung Pilkades Serentak Lanjutan di Desa Batuampar, Kecamatan Guluk-Guluk. (Sumber Foto: Humas Polres Sumenep)

Sumenep – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak sebagai pemilihan lanjutan tahun 2021 Kembali digelar di Desa Batuampar, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pada Kamis (9/12/21).

Diketahui, Pilkades tersebut kembali dilaksanakan sebagai lanjutan Pilkades serentak yang digelar pada (25/11/21) kemaren di 84 Desa dari 27 Kecamatan yang ada, baik Kepulauan maupun daratan.

Guna tercapainya keamanan dan kondusifitas selama pelaksanaan Pilkades serentak lanjutan di Desa Batuampar itu, pihak Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Sumenep bersama Komandan Distrik Militer (Dandim) 0827 meninjau langsung pesta demokrasi tersebut.

Informasi yang dihimpun oleh jurnalis madurapers.com, Pelaksana Pilkades di Desa Batuampar terdapat 5 (lima) Calon Kepala Desa (Cakades). Nomer urut 01 atas nama Moh. Farid Rofik, 02. RB. Nizar Salim, 03. RB. Alam Moch. Anwar, 04. Abdul Rasid, sedangkan nomor urut terakhir, Arif Iskandar Hidayat.

Kepala Polres (Kapolres) Sumenep, Akbp Rahman Wijaya mengatakan, peninjauan itu dilaksanakan untuk memastikan keamanan Pilkades saat pemungutan suara yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Polemik Proyek Pembangunan Pasar Anom Sumenep Berlanjut, LPSE Dituding Tidak Profesional

Tidak hanya pada tahapan pungutan suara, bahkan pengamanan dilakukan pada tahapan terakhir yakni penghitungan suara Pilkades hingga diketahui Cakades terpilih.

“Tujuan kami hanya ingin memastikan pelaksanaan Pilkades lanjutan ini aman dan kondusif hingga selesai penghitungan suara,” jelasnya kepada jurnalis madurapers.com, Kamis (9/12/21).

Dalam pengamanan itu, lanjut Rahman, melibatkan 280 orang termasuk BKO Brimob Polda Jatim dikerahkan untuk disiagakan Pilkades lanjutkan di Desa Batuampar. Kemudian dibagi untuk setiap Tempat Penguatan Suara (TPS) yang berjumlah 10 TPS.

“Supaya aman dan kondusif. Kami kerahkan 280 personel yang disiagakan di masing-masing TPS,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Kapolres dan Dandim 0827 yang didampingi oleh PJU dan Forpimka Kecamatan Guluk-Guluk meninjau tiga dari 10 TPS yang ada.

“Kami bersama Dandim dan lainnya mengunjungi TPS 1 Dusun Perengan Daya, TPS 3 Dusun Perengan Laok, dan TPS 10 Dusun Semah,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Cakades terpilih Desa Desa Batuampar, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep adalah nomor urut 03 atas nama RB. Alam Moch. Anwar.

BACA JUGA:  Polres Sumenep Kembali Ringkus Pengguna Narkotika

Warga Dusun Perengan Laok, Desa Batuampar itu menang telak pada pergelaran Pilkades serentak lanjutan tahun 2021, dengan total perolehan suara 2.687.

Tinggalkan Balasan