Teknologi yang Mengubah Dunia

Ilustrasi Teknologi di Dunia

Bangkalan – Teknologi berdampak luar biasa pada kehidupan manusia. Temuan dan penggunaan teknologi membuat kehidupan manusia berubah dan bahkan mampu mengubah dunia.

Lalu, pertanyaannya teknologi apa itu yang dapat mengubah dunia? Dilansir Madurapres dari URBAN HUB di laman https://www.urban-hub.com teknologi tersebut adalah listrik, laser, chip semikonduktor, komputasi kuantum, lift, proyek genom manusia, mobil otomatis, sistem pemosisian global, dan ponsel pintar.

Listrik (electricity) sejak ditemukan Benjamin Franklin hingga dikembangkan Nicola Tesla tidak hanya mendorong munculnya generasi inovasi baru tetapi juga menjadi alat kehidupan modern yang tak tergantikan oleh teknologi apapun.

Laser ditemukan oleh ilmuan pada tahun 1960. Para ilmuan sains dan teknologi awalnya tidak begitu yakin manfaat implementasi laser ini pada kehidupan manusia. Di bidang kehidupan apa laser ini bisa diimplemetasikan para ahli sains belum memahaminya ketika itu. Tapi pada perkembangannya laser ternyata berguna di berbagai sektor kehidupan manusia, seperti di sektor medis (pengobatan modern), elektronik, dan manufaktur.

Chip semikonduktor (semiconductor chips) menjadi batu loncatan kemajuan inovasi lainnya. Sirkuit listrik dengan banyak komponen, seperti transistor dan kabel membuka pintu jalan evolusi laptop yang kemudian diikuti oleh perkembangan ponsel pintar dan tablet.

Komputasi kuantum (quantum computing) digunakan pada tahun 2019. Teknologi ini mampu meningkatkan pemprosesan secara besar-besaran, memecahkan masalah dalam 200 detik yang tidak dapat dilakukan komputer standar, dan menandai ranah baru aplikasi potensial untuk dijelajahi.

Lift (elevator) menandai gelombang baru arsitektur dan gedung pencakar langit sehingga kota-kota besar modern sangat terikat dengan teknologi ini. Teknologi ini yang dapat bergerak secara horizontal dan vertikal di dalam gedung dan membuka jalur baru perencanaan kota dan desain bangunan modern.

Proyek genom manusia (human genome project) mengubah dunia kedokteran secara radikal. Pada tahun 2003 proyek ini melakukan pemetakan setiap gen dalam genom manusia. Proyek ini membuka pintu studi medis tentang gen terkait dengan penyakit dan berkembangnya penelitian aplikasi baru untuk perawatan kesehatan yang dilakukan oleh perusahaan biotek.

Mobil otomatis (automobile) menjadi solusi mobilitas, pengurangan penggunaan bahan bakar fosil, dan pengurangan kepadatan lalu lintas. Mobil hibryd, mobil listrik, dan mobil tanpa pengemudi membantu manusia menyongsong abad modern berikutnya.

BACA JUGA:  Hari Lahan Basah Sedunia, Apa Pentingnya?
BACA JUGA:  Budaya Paling Unik di Dunia

Sistem pemosisian global (global position system) ditemukan pada tahun 1973. Tahun 1995 teknologi ini dijual di pasar publik. Dengan menggunakan satelit, teknologi ini dapat menunjukkan lokasi secara tepat dan membantu navigasi. Teknologi ini di era kontemporer menjadi landasan dari sejumlah aplikasi kota pintar dan mobilitas perkotaan.

Ponsel pintar (smartphone) mutlak dibutuhkan dalam kehidupan modern. Diantara alasan mengapa alat ini sangat dibutuhkan manusia karena alat ini dapat menghubungkan antarmanusia, memanfaatkan informasi, dan memanfaatkan pada bidang lain seperti GPS, mobil banking, dan aplikasi kebugaran.

Tinggalkan Balasan