Tumbuhkan Minat Baca, Komunitas Bangun Gerakan “Senja Bersama Buku” di Pesisir Pantai Loteng

Foto bersama H. Lalu Yahya, S.H Kades Desa Selong Belanak, Kecamatan Selong Belanak, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB H bersama Youth Empowerment Center Indonesia (Sumber Foto : Noval)

Lombok Tengah – Sebagai upaya menumbuhkan minat baca, Youth Empowerment Center Of Indonesia (YECI) bersama Tastura Mengajar laksanakan program Senja Bersama Buku di Pantai Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 19 hingga 24 Desember 2021 tersebut merupakan program pengabdian masyarakat yang diikuti oleh pemuda pemudi terpilih yang berasal dari delegasi seluruh daerah di Indonesia.

Youth Empowerment Center Of Indonesia (YECI) merupakan NGO yang bergerak untuk pembangunan yang berkelanjutan, dimana sasaran utama kami adalah daerah-daerah di pelosok negeri.” Ungkap Naufal Kurniawan, salah satu pendiri YECI.

“Sedangkan Senja Bersama Buku tersebut merupakan salah satu program dari divisi Pendidikan yang menyasar ke anak-anak di Selong Belanak untuk dapat mencintai buku dan menumbuhkan minat baca mereka” Ungkap Naufal.

Lalu Gitan dari pihak Tastura Mengajar, mengatakan ini adalah kegiatan kolaborasi kami bersama rekan-rekan dari YECI, dan program literasi merupakan salah satu sasaran yang tepat, mengingat masalah utama didunia pendidikan kita adalah minat baca yang begitu rendah. Sehingga diharapkan dengan adanya program Buku bersama senja ini mampu mengintervensi adik-adik kita agar gemar membaca, khusunya di Selong Belanak.

BACA JUGA:  Komnas PA Nilai Gerakan Perlindungan Anak di Indonesia Tahun 2021 Masih Terseok -Seok

Selain itu, menurut ketua Tastura Mengajar tersebut, program Senja Bersama Buku ini akan menjadi program berkelanjutan.

“Mengingat YECI hanya mengabdi selama beberapa hari saja, maka kami dari pihak Tastura Mengajar akan terus melakukan pengembangan dan monitoring kegiatan ini, agar menjadi program yang berkelanjutan. Selain itu, kami juga memiliki mobil pintar, berkat kolaborasi dari Rumah Sandi Indonesia. Tutup Lalu Gitan.

Harapannya kedepan Yeci , tastura mengajar bisa melakukan MoU kerjasama beasiswa kampus di seluruh Indonesia tempat delegasi studi seperti unpad, undip, ub, itb, ipb, unila, uin suka, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan