Wapres RI: Majukan Keuangan Syari’ah melalui Transformasi Digital

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin (Sumber: Kementerian Kominfo, 2022).

Jakarta – Pemerintah terus berkomitmen memajukan ekonomi dan keuangan syari’ah di Indonesia. Namun, ekosistem yang harus dibangun tidaklah sederhana, Jumat (22/4/2022).

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengemukakan bahwa sektor keuangan syari’ah Indonesia dituntut menghadirkan transformasi digital secara cepat dan efektif untuk memperkuat posisinya di pasar syariah domestik dan global.

“Utamanya sektor keuangan syari’ah sebagai penggerak ekosistem dituntut lebih efisien dan terdepan dalam inovasi,” paparnya.

Paparan itu ia sampaikan saat menyampaikan sambutan kunci dalam Indonesia Sharia Finance Awards 2022 secara daring, di Jakarta Pusat, Kamis (21/04/2022).

Menurut Wapres, transformasi digital tersebut juga harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang kian mengandalkan transaksi non-tunai dalam aktivitas ekonominya.

“Digitalisasi keuangan syariah harus diarahkan untuk menjawab tantangan ini, mulai dari sektor perbankan, pembayaran, investasi, pembiayaan, hingga asuransi syariah,” pesan Wapres.

Dalam acara bertajuk “The Future of Indonesia’s Sharia Economy” tersebut, Wapres menekankan sinergi dan kolaborasi perlu terus diperluas, termasuk peningkatan peran pelaku sektor keuangan syari’ah sebagai penggerak ekosistem, mulai dari peran perbankan syariah, industri keuangan non-bank, pasar modal syariah, lembaga keuangan mikro syari’ah, hingga sektor keuangan sosial syari’ah.

BACA JUGA:  Andi Akmal: Angka Kemiskinan Meningkat Akibat Lonjakan Harga Pangan dan Energi

“Saya kerap menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi yang harus terus diperluas dengan melibatkan lintas sektor dan pemangku kepentingan, mengingat ekosistem yang kita kembangkan pun cukup kompleks,” tegasnya.

Sebelum menutup sambutannya, Wapres mengajak segenap pelaku keuangan syari’ah tetap menjalankan prinsip-prinsip kesesuaian syari’ah dalam usaha, mengutamakan pelayanan konsumen, serta meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusianya.

“Semoga penyelenggaraan acara ini membawa manfaat dan berkah bagi seluruh masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pendiri dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad menyebutkan bahwa Indonesia Sharia Finance Awards 2022 diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah mendorong kemajuan industri keuangan syari’ah di tanah air.

“Kami memberikan penghargaan kali ini, Indonesia Sharia Finance Award, dengan melihat bagaimana masa depan Indonesia dengan ekonomi syari’ah,” ucap Fadel.

“Warta Ekonomi mengadakan serentetan riset dan akhirnya kita menemukan beberapa perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan prestasi yang sangat baik, yang menunjukkan suatu usaha yang sangat bagus, dalam bidang ekonomi syari’ah,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan