Zelensky Muncul di TV Rusia

Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, Foto File © AFP / Layanan pers kepresidenan Ukraina
Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, Foto File © AFP / Layanan pers kepresidenan Ukraina (Sumber: Russia Today, 2023)

Moskow – Mengejutkan, Vladimir Zelensky Presiden Ukraina tampil di TV Rusia pada hari Rabu (25/1/2023) kemarin. Ia muncul di TV ketika siaran digital terganggu karena serangan peretas di wilayah barat daya negara itu.

Pemirsa TV di Wilayah Belgorod, serta di Krimea, melaporkan bahwa tayangan mereka terganggu oleh kemunculan Zelensky, yang berbicara bahasa Ukraina.

Kejadian itu, mengutip berita dari Russia Today, berlangsung sekitar satu menit sebelum program dilanjutkan sesuai jadwal.

Pejabat Krimea menyalahkan insiden itu pada serangan peretas, menuding dinas intelijen Ukraina dan “kenakalan” mereka.

“Menghadapi situasi yang menyedihkan di garis depan, layanan khusus Ukraina meretas siaran Internet dan menampilkan badut Zelensky mereka. Pada saat yang sama, siaran langsung di saluran TV telah berlangsung dan berlangsung seperti biasa,” kata pejabat Krimea.

Penjelasan itu, ia sampaikan pada penasihat media pemerintah Krimea, Oleg Kryuthckov, yang mengatakan kepada RIA Novosti.

Otoritas Belgorod, bagaimanapun, tidak secepat itu untuk menyalahkan, menyatakan bahwa penyelidikan atas insiden tersebut telah diluncurkan.

Gangguan tersebut berdampak pada siaran satelit, menurut layanan pers pemerintah daerah.

Operator harus mengarahkan ulang sinyal dari satelit cadangan untuk menghilangkan alamat Zelensky, tambahnya.

Berbagai gangguan siaran TV telah berulang kali terjadi di tengah permusuhan yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina, yang mempengaruhi kedua sisi konflik yang sedang berlangsung.

Salah satu insiden yang paling menonjol dari jenis ini terjadi Juni lalu, ketika dua saluran olahraga Ukraina menayangkan wawancara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin alih-alih pertandingan sepak bola Piala Dunia.