Sebanyak 180 Kepsek Ikuti Bimtek Peningkatan Pendidikan Disdik Sumenep

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Bidang Pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik). (Sumber Foto: Istimewa). 

Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Bidang Pendidikan.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh 180 Kepala Sekolah (Kepsek) Negeri SD dan swasta se Kabupaten Sumenep, yang dibagi menjadi 2 sesi, yaitu hari ini Jumat 26 April 2024 sampai dengan 27 April 2024, dengan 6 pemateri dari pengawas SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Ardiansyah Ali Shochobi, ST., MT., melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian SD, Buhari, SP,d., MMPd., mengatakan bahwa Bimtek tersebut, merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan kepala sekolah dalam mengelola dan memimpin satuan pendidikan.

“Kepala sekolah itu dapat menganalisa rapor pendidikannya yang dituangkan menjadi 3 kegiatan. Pertama akan dituangkan kepada skala prioritas, dalam merencanakan (Arkas) anggaran kas tahun berjalan,” katanya.

Kedua, membahas tentang Permendikbud Ristek nomor 12 tahun 2024, tentang kurikulum pada jenjang paud, SD dan SMP. Fokus kita, bagaimana kurikulum di satuan Pendidikan, benar benar menjadi pedoman yang terencana terhadap seluruh kegiatan pengelolaan pendidikan, di satuan Pendidikan tersebut.

“Sehingga akan berdampak kepada efektivitas, efisiensi pengelolaan satuan Pendidikan. Terkait juga nanti, bagaimana mereka dapat melakukan perincian kegiatan dan angka dari BOS itu,” ujarnya.

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca