Bantuan Sosial Korban Erupsi Semeru Terus Mengalir

Kombes Pol, Akhmad Yusep Gunawan bersama Nyonya Gita Yusep, Rabu (8/12/2021) tunjukkan salah satu jenis bansos yang akan diberangkatkan ke Lumajang (Sumber foto : Fajar Yudha Wardhana)

Surabaya – Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, S.H., S.I.K., M.H., M.Han didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Kota Besar Surabaya, Nyonya Gita Yusep memberangkatkan bantuan sosial (bansos) untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru di halaman Utama Mapolrestabes Surabaya, Rabu (08/12/2021).

Ndan Yusep, panggilan karibnya, mengatakan bansos yang disalurkan ke Lumajang bersifat bertahap sesuai dengan kebutuhan yang diinformasikan oleh Pemda Kabupaten Lumajang dan Polres Lumajang.

Adapun bantuan yang akan didistribusikan terang Ndan Yusep meliputi bahan pokok maupun perlengkapan berupa beras sekitar 1,5 ton, sandal jepit, sarung, pampers, selimut, shampo, minyak telon, masker, detergen, pembalut, pasta gigi, kasur lipat dan obat-obatan. Ia menambahkan sementara waktu hanya bantuan ini yang dapat dikirimkan.

“Semoga bermanfaat dan membantu saudara kita yang ada di Lumajang yang saat ini sedang mendapat kedukaan atas erupsi Gunung Semeru,” ujar Perwira Menengah Polri dengan tiga melati di pundak ini.

Kemudian Kapolrestabes Surabaya juga menyampaikan, bahwa bantuan sosial yang dikirimkan adalah sebagai bentuk kepedulian warga Kota Surabaya terhadap masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ia mewakili masyarakat Surabaya khususnya, maupun keluarga besar Polrestabes Surabaya bersama staf dan Bhayangkari turut prihatin sekaligus mendoakan semoga situasi ini segera tertangani dengan baik oleh semua pihak, baik Pemerintah maupun jajaran TNI dan Polri yang saat ini terus bekerja keras didukung oleh badan-badan yang terlibat.

BACA JUGA:  Ungkap Kasus Polrestabes Surabaya dalam Sepekan, dari Jual Beli Sabu Hingga Perampasan HP

Ndan Yusep memaparkan mekanisme pendistribusian bansos tersebut akan berkoordinasi melalui Pemda Lumajang dan Polres Lumajang, khususnya bagi warga yang sangat membutuhkan agar segera dibagikan terlebih dahulu.

“Nanti Polres Lumajang yang akan mendistribusikan sesuai dengan sasaran yang membutuhkan dan didahulukan” pungkasnya.

Sejumlah unsur masyarakat, salah satunya yaitu Forum Komunitas dan Pemerhati Tambang (Forkompeta) juga ikut peduli terhadap korban erupsi Gunung Semeru. Melalui keterangan tertulis yang diterima madurapers, Rabu (8/12/2021), Ketua Forkompeta, Syaifuddin mengatakan pihaknya bergerak cepat bergabung dengan rekan-rekan relawan dan organisasi lain dalam membantu korban erupsi Gunung Semeru setelah mendapat informasi yang valid dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Dinas ESDM Provinsi Jatim.

“Seketika itu juga kami dengan persiapan dan bekal apa adanya langsung bergerak malam itu juga. Alhamdulilah, hari Minggu pagi tanggal 5 Desember 2021 kami sudah sampai ke tujuan dan bisa langsung menyalurkan sedikit bantuan buat saudara kita yang sedang tertimpa bencana,” ungkapnya.

Ia berjanji Forkompeta akan berusaha terus menggalang dana, khususnya kepada para anggotanya untuk menyisihkan sebagian rezekinya dan ikut peduli kepada saudara di Lumajang yang tengah mengalami musibah. Udin, panggilan karibnya memastikan bantuan Forkompeta telah diserahkan kepada panitia di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

BACA JUGA:  Kapolda Jatim Rencana Libatkan Satpam dalam Penegakan Prokes di Lingkungan Kerja

“Rekan-rekan Forkompeta juga ada yang berada di lapangan untuk dapat membantu upaya evakuasi dan mendata apa saja bantuan yang diperlukan oleh masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan