Penjemasan Pusaka, Bupati Fauzi Harapkan Jadi Edukasi Bagi Generasi Milenial

Sumenep – Warga Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, madura, Jawa Timur menggelar penjamasan pusaka warisan para leluhur desa setempat dan pusaka Keraton Sumenep. Sabtu, 6 Agustus 2022.

Prosesi penjemasan sejumlah pusaka warisan para leluhur desa setempat dan pusaka Keraton Sumenep tersebut, dilakukan oleh para mpu dan masyarakat desa Aeng Tong-Tong setempat.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi hadir mengikuti rangkaian kegiatan penjemasan pusaka dengan didampingi oleh para keturunan keluarga Keraton Sumenep. Berikut, Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forpimda) turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sebelum dilakukan penjemasan pusaka, acara dimulai dengan ritual penjemasan dan dilanjutkan dengan pembacaan tawasul lalu pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran. Kemudian, dilanjutkan dengan penjemasan pusaka Keraton Sumenep dan pusaka leluhur Desa Aeng Tong-Tong.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan bahwa kegiatan penjemasan pusaka hampir 2 (dua) tahun lebih tidak dilaksanakan karena terkendala pandemi Covid-19 yang melanda kabupaten yang familiar dengan sebutan Kota Keris.

Pasalnya, kegiatan ini memang dilakukan setiap tahun untuk penjemasan pusaka Keraton Sumenep dan pusaka warisan leluhur Desa Aeng Tong-Tong.

BACA JUGA:  Spanduk Rokok Gudang Garam Resahkan Pengguna Jalan dan Penduduk Batuputih SumenepĀ 

“Karena saat ini pandemi Covid-19 sudah melandai di Sumenep, kegiatan penjemasan pusaka tahunan ini baru bisa kami selenggarakan tahun ini bersama masyarakat,” katanya kepada media ini, Sabtu (06/08/2022).

Adanya kegiatan tersebut, Politikus PDI-P Kabupaten Sumenep itu berharap bukan hanya sekedar acara seremonial saja. Akan tetapi menjadi bagian edukasi kepada para anak muda milenial di kabupaten bersimbol kuda terbang.

Tinggalkan Balasan