Wakil Bupati Sumenep Serahkan Hewan Kurban Secara Simbolis

Wakil Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, saat lakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis di Masjid Jamik Sumenep. (Moh Busri).

Sumenep – Pembagian hewan kurban dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dilakukan secara simbolis di Masjid Jamik, pada Senin (19/07/2021) sore ini.

Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah, yang berkesempatan melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis itu menjelaskan, bahwa untuk Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, memang sengaja tidak dilakukan penyembelihan hewan kurban, guna menghindari kerumunan.

“Kita sudah sebar ke beberapa pondok pesantren, dan takmir masjid, agar nanti tidak terjadi kerumunan pada waktu pembagian,” ucapnya.

Selain untuk menghindari kerumunan, penyerahan secara simbolis ini dilakukan karena jumlah hewan kurban terbatas, serta anggarannya pun terpotong oleh refocusing.

“Karena memang jumlahnya terbatas, sebab anggaran kita juga terpotong dengan refocusing. Jadi untuk tahun 2021, ada 25 kambing dan 18 sapi, yang akan disebarkan ke beberapa pondok pesantren dan masjid,” imbuh perempuan yang juga memiliki pondok pesantren itu.

Selanjutnya, ia pun berharap semua hewan kurban yang telah disalurkan itu dapat tersampaikan dengan baik kepada penerima.

BACA JUGA:  Tambak Udang di Sumenep Cemari Lingkungan, Begini Kata DPMPTSP

“Walaupun tidak merata secara keseluruhan, mudah-mudahan amanah ini bisa tersampaikan dengan baik kepada para duafa di Kabupaten Sumenep, dan semoga bisa membantu mereka,” tandasnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep, Mohamad Iksan mengungkapkan, hewan kurban yang semula berjumlah 42 ekor, kini bertambah menjadi 43 ekor, yang semua itu merupakan akumulasi dari Pemda dengan beberapa OPD.

“Kalau pengumpulannya ada OPD, BUMN, BUMD, termasuk SKK Migas,” Katanya.

Tinggalkan Balasan