Waspada! Deretan Bencana Alam Akan Melanda Sumenep Hingga Awal 2022

Petugas kepolisian saat mendatangi lokasi rumah warga Ambunten Timur Sumenep yang ambruk dihantam gelombang ombak air laut. (Sumber Foto: Humas Polres)

Sumenep – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sebut sejumlah bencana alam akan terjadi hingga tahun 2022.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Kalianget, Usman Kholid menuturkan bahwa sejumlah bencana diakibatkan dari fenomena La Nina di Indonesia termasuk di ujung pulau Madura. Ditambah lagi Sumenep masuk dalam musim penghujan.

“Fenomena Lanina ini berdampak pada peningkatan curah hujan yang tinggi dari 20 hingga 70 persen dari rata-rata hitungan dalam sebulan,” kata Usman saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Kamis (9/12/21).

Menurutnya, tidak hanya curah hujan yang tinggi, melainkan bencana alam lainnya seperti tanah longsor, banjir bandang, banjir rob, dan lainnya itu sewaktu-waktu akan terjadi hingga awal tahun 2022.

“Mohon diwaspadai bencana lainnya yang disebabkan oleh Lanina. Karena puncak dari Lanina pada Januari hingga Februari tahun depan,” paparnya.

BACA JUGA:  Buntut Pencemaran, PC PMII Sumenep Audensi ke Mapolres

Tinggalkan Balasan