Hikmah  

Adab Makan dan Minum Manurut Islam

just illustrasi
Ilustrasi Adab Makan dan Minum (Sumber: Yuvid TV)

Bangkalan – Makan dan minum adalah kebutuhan pokok manusia. Namun, makan dan minum ada adab-nya dalam Islam. Lalu, bagaimana adab makan dan minum tersebut dalam Islam?

Berikut penjelasan YUVID TV yang dilansir Madurapers.com dari kanal YouTube YUVID TV di laman https://youtu.be/KOxWTz2bFEE.

Pertama, makan dan minum dalam keadaan duduk dan tidak bersandar. Adab ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Sa’id Al-Khudri r.a., menceritakan: “Bahwa Rasulullah s.a.w, melarang minum sambil berdiri.” Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari, Abu Juhaifah menerangkan, Rasulullah s.a.w., bersabda: “Aku tidak makan dalam keadaan bersandar.”

Kedua, mengucapkan basmalah sebelum makan dan minum. Adab ini sesuai dengan hadist hadist yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, dari Aisyah r.a., Rasulullah s.a.w., bersabda: “Jika kalian hendak makan, maka bacalah basmalah. Jika lupa baca basmalah di awal makan, maka hendaklah membaca ‘bismillahi awwalahu wa akhirahu’.”

Ketiga, menggunakan makan dan minum menggunakan tangan kanan. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah s.a.w., bersabda: “Jika kalian makan maka makanlah dengan tangan kanan, dan apabila minum maka minumlah dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan menggunakan tangan kirinya.”

BACA JUGA:  Adab Berbicara dalam Islam

Keempat, jangan meniup makanan dan minuman panas untuk mendinginkannya. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Abu Qadarah Al-Ansori menceritakan bahwa Rasulullah s.a.w., bersabda: “Ketika kalian minum, janganlah bernafas di dalam gelas.”

Tinggalkan Balasan