Kemenkeu Harap Penyaluran Bantuan Sosial Masyarakat dapat Manfaat Maksimal

Penerima bantuan sosial Kemensos di Kantor Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
Penerima bantuan sosial Kemensos di Kantor Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang (Sumber: Kemenkeu RI, 2023).

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meninjau penyaluran bantuan sosial dan berdialog langsung dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), Rumah Sejahtera Terpadu (RST), ATENSI Disabilitas, ATENSI Yatim Piatu, Program Permakanan Lansia dan Disabilitas.

Kegiatan itu dia lakukan bersama dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini di Kantor Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, pada Jumat (20/1/2023).

Hari ini, kata Menkeu, “Saya diundang oleh Bu Risma untuk melihat beberapa program bantuan sosial yang dikembangkan oleh Kementerian Sosial Bu Risma.”

Dia mengatakan, “Pendekatan beliau itu sangat sangat berbeda, yaitu meng-empower atau memberikan pemberdayaan sehingga masyarakat itu bisa makin mandiri secara ekonomi atau kalau yang disable tadi juga bisa melakukan aktivitas.”

Menkeu mengatakan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan terus mendukung upaya Kementerian Sosial (Kemensos) mewujudkan kemandirian masyarakat pra sejahtera melalui anggaran perlindungan sosial.

Berbagai program yang memberikan hasil nyata, diharapkan dapat terus dijaga dan diteruskan.

“Kami akan mendukung yang dilakukan oleh Kementerian Sosial karena tadi Bu Risma selalu melihat dari mulai kemiskinan, disabilitas, dan pemberdayaan menjadi satu paket kegiatan,” tandas Menkeu.

Pemerintah memberikan alokasi anggaran perlindungan sosial di APBN 2023 sebesar Rp476 triliun dengan tujuan untuk melindungi masyarakat yang paling rentan dan paling miskin.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca