Pembentukan P2KD Desa Tanjung Bumi Aman dan Kondusif

Ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Tanjung Bumi saat prosesi sumpah jabatan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rabu (12/10/2022) bertempat di kantor Kecamatan Tanjung Bumi Bangkalan Madura (Sumber Foto: Doc. Madurapers 2022).

Bangkalan – Pada hari Rabu tanggal 12 Oktober 2022 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar kegiatan Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD). Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan Madura. Dalam pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan aman dan kondusif, Rabu (12/10/2022).

Seperti yang diketahui bernama, pesta demokrasi desa atau yang dikenal dengan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Bangkalan semakin mendekati waktu pelaksanaan, sebab saat ini sudah masuk pada tahapan pembentukan P2KD oleh masing-masing desa sebanyak 149 desa di Kabupaten Bangkalan yang akan menggelar Pilkades pada tahun 2023 mendatang.

Dalam acara tersebut, turut hadir Camat Tanjung Bumi Imam Mahfud, Kapolsek AKP Fery Riswantor, Danramil 0829/17 Kapten Inf. Slamin Joko Darmawan, Penanggung Jawab (PJ) Kepala Desa Tanjung Bumi Rina Ariani, BPD serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh Blater.

Dalam kesempatan itu, ketua BPD Desa Tanjung Bumi Asmor berharap agar panitia yang sudah terbentuk dan di sumpah bisa memaksimalkan tanggung jawabnya serta menjunjung tinggi netralitas sehingga tercipta pemilihan kepala desa dengan aman dan kondusif.

“Saya harap panitia melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik sesuai dengan tufoksinya sebagai panitia,” kata dia kepada awal media Madurapers. Rabu (12/10/2022).

Senada dengan Penanggung Jawab (PJ) Kepala Desa Tanjung Bumi, Rina Ariani menyampaikan bahwa terbentuknya panitia kepala desa bisa bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaan Pilkades yang akan datang. Hal ini karena idealnya panitia menjaga kondusifitas dan profesionalitas.

“Panitia harus netral dan mampu menjalankan amanah dengan baik. Karena suksesnya pemilihan kepala desa yang akan datan tergantung pada penyelenggaranya,” ungkapnya, sembari melontarkan senyuman.

Selain itu, Camat Tanjung Bumi, Imam Mahfud menyampaikan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) nanti adalah hak priogratif panitia. Mengaca pada Pilkades sebelumnya suksesi pemilihan kepala desa ada pada tongkat panitia. Oleh karena itu, saya berharap kepada panitia yang sudah terpilih agar bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik sesuai koridor perundang-undangan.

“Saya harap panitia serius dalam menjalankan tugasnya agar tercipta demokrasi yang hakiki,” pungkasnya.

Sementara, Kapolsek Tanjung Bumi, AKP Fery Riswantoro siap mengawal pelaksanaan Pilkades yang akan datang sampai selesai, mulai dari tahapan bahkan pelaksanaannya. Karena pelaksanaan Pilkades ini merupakan amanah undang-undang yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

InsyaAllah kami siap mengawal sampai pelantikan nanti siapa saja yang terpilih menjadi kepala desa di Kecamatan Tanjung Bumi ini,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Danramil 0829/17 Tanjung Bumi Kapten Inf. Slamin Joko Darmawan menambahkan, setiap tahapan akan membuat langkah-langkah strategis dalam pelaksanaan Pilkades yang akan datang, sehingga Pilkades ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com