UPZ KUA Banyuates Gelar Kegiatan Berbagi Senyum dan Kebahagiaan

Pembagian paket sembako dan zakat UPZ KUA Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang di Aula Kantor KUA Kecamatan Banyuates, pada Senin (10/4/2023) (Dok. Madurapers, 2023).
Pembagian paket sembako dan zakat UPZ KUA Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang di Aula Kantor KUA Kecamatan Banyuates, pada Senin (10/4/2023) (Dok. Madurapers, 2023).

Sampang – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, mengadakan kegiatan “Berbagi Senyum dan Kebahagiaan”.

Kegiatan ini diisi dengan pemberian paket sembako dan zakat kepada dhuafa, fakir miskin, anak yatim piatu. Pelaksanaan kegiatan di Aula Kantor KUA Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, pada Senin (10/4/2023).

Kepala KUA Banyuates membuka langsung kegiatan ini. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Banyuates Slamet Riyadi (Kepala Desa Terosan, red.), Pegawai Pendidikan Agama Islam (PPAI), Penyuluh Agama Islam Kecamatan Banyuates.

Jumlah kaum dhuafa dan anak yatim piatu sebanyak 17 orang. Mereka mendapatkan bingkisan 1 paket sembako dan uang Rp250.000.

Uang itu merupakan zakat pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) KUA Banyuates, sedangkan paket sembako berasal dari BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional, red.) Kabupaten Sampang.

Menurut Kepala KUA Kecamatan Banyuates K.H.  Hari Syamhari, S.H.I., M.H.,” Kegiatan ini biasa dilaksanakan di pertengahan bulan Ramadhan dengan tujuan untuk menebalkan hubungan dengan masyarakat.”

UPZ KUA, tutur kiai ini, punya tugas dan tanggungjawab untuk membantu merekatkan ukhuwah islamiyah, baik yang kaya maupun fakir miskin. “Kegiatan ini merupakan acara simbolis atau yang kita kenal dengan sebutan neraca,” katanya.

Selain itu, UPZ KUA Banyuates memperoleh data non-neraca memberi zakat sebanyak 3 (tiga) orang (hamba Allah).

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca