Ada yang Salah Pemahaman Kita tentang Fisika

Ilustrasi Rumus Fisika

Bangkalan – Menurut Andrew Griffin ternyata ada yang salah dalam pemahaman kita tentang fisika. Hasil aneh yang terlihat di laboratorium (laboratorium penelitian Andrew Griffin), menurutnya menunjukkan bahwa ada yang salah dengan pemahaman kita tentang fisika, Rabu (7/4/2021).

Menurut penjelasan Andrew Griffin yang dilansir Madurapers dari laman https://www.independent.co.uk para peneliti berpendapat bahwa hasil aneh yang diambil pada eksperimen besar-besaran dapat mengubah fisika secara mendasar.

Temuan ini menurut Andrew Griffin menunjukkan bahwa ada gaya fundamental kelima di alam. Dengan demikian, ada yang salah dengan model standar fisika.

Menurut para peneliti, pengukuran baru yang dilakukan di laboratorium Fermilab dekat Kota Chicago, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa ada partikel sub-atom atau kekuatan baru yang belum ditemukan.

“Hari ini adalah hari yang luar biasa, yang telah lama ditunggu, tidak hanya oleh kami tetapi juga oleh seluruh komunitas fisika internasional,” kata Graziano Venanzoni, salah satu juru bicara eksperimen dan fisikawan di Institut Nasional Fisika Nuklir Italia, dalam sebuah pernyataannya.

Temuan ini belum sepenuhnya konklusif atau dapat disimpulkan. Ada satu dari 40.000 kemungkinan hasil terjadi secara kebetulan, setara dengan tingkat kepercayaan 4,2 sigma. 5 sigma dipandang sebagai tingkat minimum bagi peneliti untuk menunjuk suatu penemuan baru.

Namun mereka (peneliti) tetap merinci temuan dalam satu set makalah yang telah diserahkan ke berbagai jurnal fisika dan berharap penelitiannya dapat memverifikasi hasil yang menjanjikan.

Temuan baru berasal dari eksperimen yang disebut Muon g-2, yang melibatkan pengiriman partikel fundamental yang dikenal sebagai Muon—yang mirip dengan elektron tetapi sekitar 200 kali lebih berat—di sekitar cincin besar dan kemudian mengenainya dengan medan magnet.

Saat itu terjadi, Muon bergoyang. Para ilmuwan mampu memprediksi tingkat goyangan itu dengan mengacu pada model standar, atau pemahaman kita saat ini tentang hukum fisika.

BACA JUGA:  Mendagri Minta Pelayanan Publik OPD Dukcapil Manfaatkan Teknologi Informasi
BACA JUGA:  Hari Lahan Basah Sedunia, Apa Pentingnya?

Tetapi para peneliti menemukan bahwa goyangan tidak terjadi seperti yang diharapkan: pada kenyataannya, itu terjadi lebih cepat. Itu menunjukkan ada sesuatu yang lain—yang belum ditemukan dalam pemahaman kita saat ini—yang berkontribusi pada hasil, seperti gaya atau partikel baru.

Tinggalkan Balasan