Dinsos Sumenep Bekali Gepeng Dengan Pelatihan Wirausaha

Dinsos Sumenep bersama Satpol-PP saat melakukan razia Gepeng di Sumenep. (Sumber Foto: Arsip Dinsos Sumenep)

Sumenep – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Sosial (Dinsos) akan bekali wirausaha bagi Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) pada tahun 2022 mendatang.

Diketahui sebelumnya, upaya untuk mengurangi angka Gepeng di Sumenep. Dinsos bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan lembaga kemasyarakatan yang peduli terhadap sosial.

Bahkan, setelah selesai melakukan razia, para Gepeng diberikan pembinaan, pemahaman, dan bimbingan. Dalam hal ini, Dinsos juga menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumenep dan Mutiara Fundation.

Bahkan tidak jarang para Gepeng diberikan transpot pulang atau diantar ke rumah asalnya. Tidak hanya itu, beberapa Gepeng juga diberikan sembako untuk memenuhi kebutuhan kehidupan mereka.

Untuk itu, Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Fajarisman merencanakan pembekalan bagi para Gepeng dengan pelatihan wirausaha, guna terciptanya masyarakat yang mandiri dalam ekonomi.

“Kalau hanya dirazia, ditangkap, dan dibina itu masih belum cukup. Jadi atas petunjuk Bapak kadis, kami juga tingkatkan kompetensi mereka,” katanya kepada media ini, Jum’at (24/12/21).

Rencana pembekalan tersebut, sudah masuk dalam rencana anggaran tahun 2021. Namun gagal dilaksanakan, karena adanya refocusing anggaran pemerintah untuk penanganan Covid-19.

“Kamren sudah bersinergi dengan provinsi dan mengajukan permohonan untuk Gepeng dikutkan pelatihan. Ternyata ada pendemi, sehingga gagal,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Tersangka Pelaku Curanmor di Pasar Anom Sumenep Terbekuk Polisi

Tinggalkan Balasan