Ekonomi Masyarakat Terdampak PPKM Level 3, Pemkab Sumenep Berikan Bantuan Beras

Wabup Sumenep, Dewi Khalifah, saat melepas pemberangkatan penyaluran bantuan beras bagi masyarakat terdampak PPKM Level 3 Covid-19, di halaman Kantor Pemkab Sumenep. (Istimewa).

Sumenep – Guna meringankan beban masyarakat terdampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, salurkan bantuan beras sebanyak 1.020 ton.

Penyaluran bantuan beras tersebut dilakukan sejak hari ini, Kamis (20/07/2021) hingga nanti pada Jumat (06/08/2021) mendatang. Beras sejumlah 1.020 ton ini akan dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang ada di bagian daratan dan kepulauan.

Mengenai hal tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Dewi Khalifah mengungkapkan, bahwa setiap KPM akan mendapat 10 Kilogram (Kg) bantuan beras.

“Alhamdulillah tadi sudah kita cek berasnya premium, dan cukup bagus,” terangnya, Kamis (29/07/2021).

Pada tahap pertama, bantuan ini diprioritaskan bagi masyarakat kepulauan. Hal itu dilakukan karena memanfaatkan kondisi cuaca yang sedang baik, agar penyaluran bantuan cepat diterima oleh KPM.

“Ditakutkan ke depan cuaca tidak mendukung, makanya kepulauan diambil terlebih dahulu. Sedangkan untuk penyalurannya nanti dari tingkat desa sampai ke tingkat RT dan RW, sehingga KPM tidak terlalu jauh untuk mengambil berasnya,” Imbuh Dewi Khalifah.

BACA JUGA:  Profil Singkat Kemiskinan di Kabupaten Probolinggo 2021

Dirinya menyadari, bahwa penerapan PPKM Level 3 Covid-19 di Kabupaten Sumenep memang berdampak pada ekonomi masyarakat. Sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat sedikit membantu.

“Karena memang perpanjangan PPKM ini sangat berdampak bagi ekonomi masyarakat, mudah-mudahan ini sedikit membatu bagi masyarakat,” harapnya.

Bagi KPM yang hendak menerima bantuan beras dari Pemkab Sumenep ini, diimbau untuk melakukan vaksinasi. Pasalnya, karena vaksinasi adalah usaha pemerintah memutus sebaran Covid-19.

“Karena program vaksin tersebut merupakan usaha pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Sekadar memperjelas, rincian penyaluran bantuan kepada KPM adalah sebagai berikut. Pertama, KPM Program Keluarga Harapan (PKH) berjumlah 60.185. Kedua, KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) sejumlah 41.828. Maka jumlah total bantuan beras tahap pertama bagi masyarakat terdampak kebijakan PPKM Level 3 Covid-19 di Kabupaten Sumenep, adalah 1.020 ton.

 

Tinggalkan Balasan