Inovasi Teknologi Paling Penting di Abad ke-21

Ilustrasi Inovasi Teknologi (sumber: rkjh.se).

Bangkalan – Abad ke-21 mendorong kemajuan inovasi teknologi. Sejumlah temuan besar menandai abad ini, yang tentu berbeda dengan abad sebelumnya.

Meskipun baru 20 tahun umat manusia memasuki era ini, teknologi baru banyak ditemukan umat manusia. Temuan baru ini, tentu berdampak besar pada kehidupan manusia.

Namun demikian, tak mudah bagi kita menentukan penemuan teknologi paling signifikan di era ini. Konteks ini menjadikan artikel “The Most Important Technological Innovations of the 21st Century” Allen Brown (2021) menjadi penting diulas.

Dilansir Madurapers dari axiomq.com menurut Allen Brown (2021) inovasi paling penting di abad ke-21 adalah media sosial, teknologi drone, blockchain, mobil listrik, dan ponsel pintar dan gawai.

Media Sosial

Media sosial adalah inovasi teknologi populer pada ke-21. Teknologi ini terus berkembang dalam bentuk komunikasi baru yang didukung internet dan penggunaannya membutuhkan perangkat khusus, seperti ponsel pintar (smartphone) dan komputer. Ada platform media sosial yang berbeda dan ini memungkinkan orang untuk berkomunikasi secara real-time.

Anda perlu membuka akun dengan platform media sosial pilihanmu untuk menautkannya dengan akun orang yang disukai. Dengan media sosial, anda dapat menikmati layanan seperti instant messaging, pertukaran foto, dan video. Platform media sosial lainnya dapat memfasilitasi panggilan suara. Banyak bisnis era sekarang menggunakan media sosial untuk melakukan aktivitas pemasaran dan berkomunikasi dengan kliennya untuk meningkatkan kinerjanya.

BACA JUGA:  Hari Lahan Basah Sedunia, Apa Pentingnya?

Teknologi Drone

Drone, juga dikenal sebagai kendaraan udara tak berawak, adalah bagian dari inovasi teknologi yang signifikan saat itu. Drone digunakan untuk berbagai tujuan karena dapat menangkap foto dan video udara yang berkualitas. Desainer kreatif dari Paddlecreative menjelaskan bahwa teknologi drone telah merevolusi industri film dan fotografi secara signifikan.

Drone dapat digunakan untuk berbagai tujuan lain, seperti melakukan proyek pemasaran properti dan keamanan. Ia dapat digunakan di berbagai sektor dan sangat efektif karena menyediakan data yang handal dan real-time tentang apa yang terjadi di tempat yang berbeda.

Untuk layanan keamanan dapat menyebarkan drone ke berbagai tempat dengan tujuan pengawasan dan operator di lapangan akan mendapatkan informasi yang akurat. Dalam industri konstruksi dan pertambangan, teknologi drone meningkatkan akurasi dan presisi, dan merupakan metode pengumpulan data yang andal. Drone juga mendorong efisiensi dalam pengoperasian berbagai sektor lainnya.

Blockchain

Meskipun banyak orang masih belum memahami blockchain atau cryptocurrency, tampaknya kita harus mulai memahami sekarang. Teknologi ini adalah sebuah alternatif untuk mata uang fiat, tetapi didasarkan digital.

Dengan cryptocurrency, anda dapat melakukan semua transaksi yang dapat dilakukan dengan uang tunai selama pihak yang terlibat memiliki crypto. Satu-satunya perbedaannya adalah bahwa bank sentral tidak mengontrol cryptocurrency dan anda tidak dapat menahannya seperti mata uang keras.

BACA JUGA:  Polusi Kendaraan Merusak Lingkungan

Teknologi cryptocurrency diperkenalkan pada tahun 2008 dengan penciptaan Bitcoin, yang tetap menjadi paling populer di antara cryptocurrency. Blockchain mendapatkan pengakuan luas di sektor keuangan.

Industri lain juga menggunakan blockchain untuk tujuan yang berbeda, seperti membeli produk dan layanan yang berbeda dan transfer uang. Cryptocurrency dapat diperdagangkan dengan uang.

Karena popularitas dan kehadirannya yang konstan di media, hari ini, mudah untuk menemukan tempat untuk membeli Bitcoin. Namun, beberapa cryptocurrency alternatif tidak boleh diabaikan, seperti Ethereumyang terbesar kedua saat ini—dan XRP yang dibuat oleh Ripple Labs Inc. Yang terakhir adalah teknologi open-source terdesentralisasi, yang ditujukan untuk transaksi keuangan global dalam berbagai ukuran yang hampir dapat dilakukan secara gratis.

Mobil Listrik

Meskipun tidak dapat dikatakan bahwa mobil listrik merupakan penemuan abad ke-21, teknologi ini populer baru-baru ini. Mobil listrik terdiri dari motor listrik yang digerakkan menggunakan energi yang disimpan dalam baterai isi ulang. Perkembangan paling menonjol dalam teknologi ini melibatkan stasiun pengisian untuk mobil-mobil ini, seperti halnya pompa bensin.

Mobil listrik hemat energi dan tidak menimbulkan banyak polusi udara dan suara. Mobil listrik ini merupakan alternatif yang baik yang dapat mengatasi tantangan pencemaran lingkungan. Perubahan iklim adalah nyata dan tantangan pemanasan global bersifat topikal, yang berarti bahwa solusi yang layak harus ditemukan dalam jangka panjang.

BACA JUGA:  Mendagri Minta Pelayanan Publik OPD Dukcapil Manfaatkan Teknologi Informasi

Ponsel Pintar dan Gawai

Hampir semua orang menggunakan smartphone di masa sekarang. Tidak begitu lama, ponsel terdiri dari keypad dengan tombol dan terkini muncul teknologi baru.

Layar sentuh diperkenalkan pada tahun 2007 dan sejak itu menyebar ke perangkat lain, seperti tablet, laptop, stereo, dan perangkat televisi. Layar sentuh terdiri dari kaca super tipis yang diperkuat secara kimiawi dan anda dapat mengoperasikan semua fungsi pada perangkat anda dari layar menggunakan jari. Kaca layar sentuhnya kokoh dan tidak mudah pecah. Bahkan jika layar retak, perangkat anda akan terus bekerja.

Sejak awal milenium baru, berbagai inovasi teknologi telah ditemukan. Teknologi ini tidak hanya teknologi: drone, media sosial, motor listrik, smartphone, blockchain, dan lain-lain. Inovasi teknologi ini telah meningkatkan kehidupan kita dalam banyak hal. Namun, kami belum menyaksikan inovasi teknologi baru yang membawa kami ke tingkat yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan