Hikmah  

Jaga Mata Agar Tidak Celaka

Foto Ilustrasi Mata (Sumber: Grid Kids, 2021).

Bangkalan – Mata adalah kunci hati. Mata manusia merupakan penghubung hati manusia. Hampir semua perasaan dan perilaku manusia pemicu awalnya adalah pandangan mata. Baik dan buruk perasaan dan perilaku manusia hampir semuanya ditentukan oleh pandangan matanya.

Oleh karena itu, hendaklah mata kita dijaga dari melihat hal-hal yang tidak pantas menurut agama.

Imam Al-Ghazali menjelaskan bahwa jika mata dibiarkan memandang yang dibenci dan dilarang, maka pemiliknya (manusia pemilik mata) berada di tepi jurang bahaya, meskipun ia tidak sungguh-sungguh jatuh.

Allah S.W.T., berfirman agar laki-laki dan perempuan yang beriman menahan pandangannya (QS. An-Nuur: 30-31).

Anjuran orang Islam agar menjaga matanya ditegaskan oleh Rasulullah s.a.w. Rasulullah s.a.w., melarang pandangan yang satu mengikuti pandangan yang lain. Pandangan pertama boleh, pandangan yang berikutnya tidak boleh (HR. Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi).

Rasulullah s.a.w., bersabda bahwa mata bisa berzina dan zinanya ialah melihat (HR. Bukhari).

Jadi, dengan demikian, Islam tidak memperbolehkan, mengharamkan, Umat Islam mengumbar pandangannya, baik laki-laki maupun perempuan, yang bukan mahramnya.

BACA JUGA:  Hukum Menyebarkan Salam

Mengumbar pandangan mata, melihat bukan pada tempatnya, merupakan salah satu bentuk bersenang-senang utk memuaskan naluri seksualnya yang tidak dibenarkan dalam Islam.

Oleh karena itu, mari jaga mata kita agar hati dan rohani kita sehat, sehingga kita tidak celaka!

Tinggalkan Balasan