Hikmah  

Keajaiban Shalat Tahajud

Ilustrasi

Bangkalan – Di masa pandemi Covid-19 perbanyaklah shalat tahajud! Hal ini karena salah satu keajaiban shalat tersebut adalah menolak penyakit. Selain itu, keutamaan shalat ini dapat memudahkan segala urusan. Doa yang dipanjatkan dalam shalat ini dijamin bakal dikabulkan oleh Allah S.W.T., asalkan dilaksanakan dengan ikhlas dan khusuk.

Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang paling utama dan paling dianjurkan oleh Nabi Muhammad s.a.w. Lalu, bagaimana tata cara, doa, waktu terbaik, dan keutamaan shalat ini?

Berbeda dengan shalat sunnah lainnya, dalam Al-Qur’an shalat tahajud merupakan satu-satunya shalat sunnah yang diperintahkan oleh Allah S.W.T., serta sekaligus disebutkan keutamaannya. Shalat ini bedanya juga dengan shalat sunnah yang lain adalah shalat ini wajib bagi Rasulullah s.a.w., dan bagi kaum muslimin sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan).

Shalat tahajud memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Keutamaannya menurut Al-Qur’an dan hadits shahih adalah sebagai berikut: Pertama, siapa yang membiasakan shalat ini dia akan mendapatkan kedudukan terpuji dari Allah S.W.T.

BACA JUGA:  Ludah Memiliki Segudang Manfaat bagi Manusia

Dalam Al-Qur’an surat Al Isra’ ayat ke-79 Allah berfirman, “Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Kedua, orang yang membiasakan diri shalat tahajud akan dimudahkan urusannya dan dibimbing oleh Allah S.W.T. Urusan tersebut mulai dari urusan rumah tangga, pekerjaan, dakwah, hingga urusan lainnya. Dalam Al-Qur’an surat Al Isra’ ayat ke-80 dijelaskan bahwa “Dan katakanlah: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar…”

Ketiga, orang yang membiasakan shalat tahajud akan diberikan solusi terbaik ketika tertimpa masalah oleh Allah S.W.T. Penjelasan hal ini dapat dilihat pada Al-Qur’an surat Al Isra’ ayat ke-80.

Keempat, orang yang membiasakan shalat tahajud akan ditolong Allah S.W.T., bahkan pertolongan-Nya tanpa perantara. Ketika ada bahaya, ada yang ingin mencelakai, dan sebagainya, Allah S.W.T., yang akan menolong orang yang shalat tahajud tersebut. Jaminan hal tersebut dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al Isra’ ayat ke-80.

Kelima, shalat tahajud yang disebut qiyamul lail atau shalat lail merupakan shalat sunnah yang paling utama. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh An Nasa’i, Rasulullah s.a.w., bersabda, “Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.”

BACA JUGA:  Peringatan Isra' Mi'raj: Peningkatan Kualitas Spiritual dan IPTEK

Keenam, orang yang ahli shalat tahajud akan diberikan kemuliaan dan kewibawaan oleh Allah S.W.T., yang bermanfaat untuk menegakkan kebenaran dan menebar kebaikan. Dalam sebuah hadist (hasan) yang diriwayatkan oleh Hakim menyebutkan bahwa “Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya.”

Ketujuh, orang yang mengerjakan shalat tahajud kemudian berdoa, insyaAllah doanya dikabulkan oleh Allah S.W.T. Apalagi jika shalat ini ia kerjakan pada sepertiga malam yang terakhir.

Kedelapan, shalat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang shaleh terdahulu. Oleh karena itu barang siapa di saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang shaleh sebagaimana orang shaleh terdahulu.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad menyebutkan bahwa “Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shaleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.”

Tinggalkan Balasan