Hikmah  

Keutamaan Shalat Fardhu Tepat Waktu

Ilustrasi

Bangkalan – Shalat fardhu merupakan shalat wajib bagi Umat Islam yang diperintahkan langsung oleh Allah S.W.T., serta dianjurkan pada Umat Islam untuk mengerjakan shalat tepat waktu, yang telah ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nabi Muhammad s.a.w., bersabda, “Siapa saja yang menjaga shalat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan, siapa saja yang tidak menjaga shalat, dia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.”

Keutamaan shalat fardhu tepat waktu selain mendapat pahala yang berlimpah dari Allah S.W.T., juga dapat menghapus dosa dan dijauhkan dari sifat munafik. Shalat ini bukan hanya rutinitas ibadah yang dikerjakan lima waktu dalam sehari semalam, tapi juga menjadi bukti keimanan dan ketaatan seorang Muslim dalam menjalankan perintah Allah S.W.T.

Di dalam Al-Qur’an surat Al-Nisa’ ayat ke-103, Allah S.W.T., berfirman, “Maka Dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

BACA JUGA:  Ludah Memiliki Segudang Manfaat bagi Manusia

Tinggalkan Balasan