P2KD Desa Bator Klampis Dinilai tidak Netral

Balai Desa
Foto ilustrasi Kantor Balai Desa (Sumber: Times Indonesia, 2023).

Bangkalan – Memasuki tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bangkalan tahun 2023, banyak kejanggalan yang terjadi di arena politik Pilkades, Kamis (16/2/2023).

Salah satunya, terindikasi terjadi di Desa Bator Kecamatan Klampis, yang diduga P2KD desa ini tidak netral dalam menetapkan Sekretariat P2KD.

Pasalnya, P2KD (Panitia Pemilihan Kepala Desa) Desa Bator, melanggar Peraturan Bupati Bangkalan Nomor 51 Tahun 2022, dalam hal menempatkan Sekretariat P2KD karena tidak di Balai Desa atau tempat netral.

Tokoh masyarakat Desa Bator, yang enggan disebutkan namanya, menyampaikan hal itu saat ia mendatangi Kantor Kecamatan Klampis.

Menurutnya, itu tidak sesuai dengan Peraturan Bupati Bangkalan Nomor 51 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dan Pemilihan Kepala Desa Antara Waktu.

“Saya sudah membuat aduan kepada TFPKD Kecamatan yang diterima Sekcam, terkait Sekretariat Panitia yang tidak ditaruh di Balai Desa Betor atau tempat netral,” ungkap dia, Kamis, (16/2/2023).

Lebih lanjut, ia menilai sesuai dengan Peraturan Bupati Bangkalan Nomor 51 Tahun 2022 Pasal 17 ayat (2) yang berbunyi, Kantor kesekretariatan sebagaimana ayat (1) adalah Balai Desa atau atau tempat lain yang dianggap representatif.

“Lalu, apa gunanya ada Balai Desa jika tidak ditempati. Oleh karena itu, saya meminta agar sekretariat ditaruh di Balai Desa, bukan di rumah ketua, yang pemindahannya juga tidak ada rapat dengan panitia,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca