Pangkalan TNI AL Batuporon Bangkalan Akan Pindah ke Sumenep, Apa Sebabnya?

foto TNI
Foto bersama Achmad Fauzi, Bupati Sumenep dengan Yoos Suryono Hadi Danlantamal V Surabaya, di Rumdis Bupati Sumenep, Rabu 22/09/2021. (Moh Busri)

Sumenep – Komandan Pangkalan Utama TNI-AL V (Danlantamal) Surabaya datangi Kabupaten Sumenep, Madura, dalam rangka melakukan survei lokasi pemindahan pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batuporon, Kamal, Bangkalan ke Kabupaten Sumenep, Rabu (22/09/2021).

Laksamana Pertama (Laksma) TNI Yoos Suryono Hadi mengatakan, survei tersebut sengaja dilakukan agar supaya realisasi pemindahan pangkalan segera terlaksana setelah benar-benar menemukan tempat yang tepat di Kabupaten Sumenep.

“Kami kesini dalam rangka survei pemindahan pangkalan Angkatan Laut dari Batuporon menuju Sumenep. Kami kesini juga untuk melihat Bandara Trunojoyo,” ungkapnya pada sejumlah awak media di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Sumenep usai menggelar rapat bersama bupati, Rabu (22/09/2021).

Hari ini pihaknya akan melakukan kunjungan ke beberapa tempat yang ada di Kabupaten Sumenep guna memastikan secara langsung terkait lokasi pemindahan pangkalan TNI AL itu. 

“Nanti ada beberapa alternatif yang kita lihat yang memungkinkan untuk Angkatan Laut melaksanakan tugas pokok dan fungsi,” imbuhnya. 

Sepanjang proses survei ini, Suryono mengaku akan terus melakukan evaluasi agar dapat menentukan secara tepat lokasi yang hendak dipilih olehnya. 

“Iya jelas ada evaluasi, itu dilakukan untuk menentukan tempat yang tepat guna melakukan pembangunan,” terangnya.

Realisasi pemindahan pangkalan TNI AL dari Batuporon ke Sumenep ini diusahakan segera terlaksana. Bahkan pihaknya akan melakukan laporan langsung ke Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Jakarta, serta menggelar rapat di sana. 

“Secepatnya, setelah ini kami akan lakukan laporan ke Mabesal kemudian rapat di Jakarta. Mudah-mudahan didukung oleh Bapak Bupati Sumenep untuk segera melaksanakan relokasi ini. Karena Batuporon akan dijadikan satu, yaitu sebagai gudang senjata Angkatan Laut,” paparnya.

Adapun target dari realisasi pemindahan pangkalan TNI AL dari Batuporon, Kamal, Bangkalan ke Sumenep ini akan dilangsungkan pada tahun mendatang. 

“Targetnya tahun 2022 sudah bisa dilaksanakan,” tandas Suryono. 

BACA JUGA:  Penganiayaan Perempuan dan Anak Meningkat, Anggota Dewan di Sumenep Tutup Mulut
BACA JUGA:  Akibat Pohon Tumbang, Warga Sumenep Dilarikan ke Rumah Sakit

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi sangat mendukung perpindahan pangkalan Angkatan Laut ini.

“Kami Pemkab Sumenep tentu mendukung penuh jika Pangkalan TNI AL akan dipindahkan ke Sumenep,” katanya.

“Saya harapkan, nanti bisa berjalan dengan baik. Tanpa ada kendala. Mudah-mudahan tahun 2022 dapat terealisasi,” pungkas Bupati Fauzi.

Tinggalkan Balasan