Berhasil Budidayakan Tomat Seluas 1 Hektar, Disperta Kunjungi Desa Olor

tanaman budidaya tomat yang dikembang Gapoktan Desa Olor
Disperta Sampang dan Kades Olor Saat Berada di Tanaman Tomat Seluas Satu Hektar di Desa Olor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang.

SampangPemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Sampang mengunjungi tanaman tomat seluas satu hektar milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bintang Harapan, di Dusun Beih, Desa Olor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Senin (30/08/2021).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, Suyono, mengapresiasi atas kerja Kepala Desa (Kades) Olor, Murtakim, yang telah sukses melakukan pendampingan penanaman tomat seluas satu hektar melalui Gapoktan Bintang Harapan.

Walaupun lokasinya sangat jauh, Suyono mengaku perjalanannya mengunjungi lokasi pertanian tersebut tidak terasa capek setelah melihat tanaman tomat yang begitu bagus.

Suyono berharap khususnya kepada petugas pertanian agar bisa mendampingi perkembangan Horti yang berada di desa olor tersebut

“Embrio perkembangan Horti yang berada di desa olor ini agar dipantau, didampingi dan dibimbing, sehingga nanti bisa berkembang. Agar tidak hanya satu hektar saja, tetapi lebih banyak lagi dan tidak hanya satu macam ini, namun bisa dikembangkang lagi,” harapnya.

Dalam kunjungannya, dirinya mengaku sudah melihat potensi sumber air dalam mengembangkan pertanian di Desa Olor.

“Hal ini ini kami usahakan usulkan melalui proposal untuk mendapatkan bantuan pompa air, sehingga petani tidak hanya mengandalkan hujan untuk kebutuhan air,” tutur Suyono dilokasi lahan tomat Desa Olor.

“Dengan adanya pompa air, Indeks Pertanaman yang hanya 100 persen bisa mencapai 200 – 300 persen nantinya,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Olor, Murtakim, mengucap terimakasih atas suport dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang yang siap membimbing Gabungan Kelompok Tani di Desanya tersebut.

BACA JUGA:  BMKG Sumenep Imbau Masyarakat Mewaspadai Fenomena La Nina hingga Tahun 2022

Dirinya berharap dengan membangun sektor pertanian bisa membangun perekonomian masyarat dan juga bisa menghasilkan pendapatan riil yang dapat menopang pembangunan di desanya.

“Pertanian ini diharapkan bisa membangun perekonomian masyarakat, juga bisa menghasilkan pendapatan untuk tambahan pembangunan Desa Olor ini,” harapnya.

Menurut Murtakim, tanaman tomat seluas satu hektar tersebut, akan dilakukan panen raya sekitar dua puluh hari lagi. Ia berharap, panen raya di desanya tersebut bisa dihadiri oleh Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi.

BACA JUGA:  5 Orang Ditangkap Polisi saat Pesta Sabu di Tambak Udang

“Sekitar dua puluh hari lagi akan dilakukan panen raya di sini, Mas. Kami sangat berharap kehadiran Bupati Sampang di saat panen raya nanti, agar para petani lebih termotivasi dan lebih semangat,” pungkasnya dengan penuh harapan.

 

Respon (1)

Tinggalkan Balasan