Ra Badrut Resmikan Sentra Batik Tulis Klampar

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam secara simbolis memecahkan kendi tanda diresmikan Sentra Batik Tulis Klampar (Sumber: Dinas Kominfo Jatim, 2022).

Pamekasan – Ra Badrut, Bupati Pamekasan bersama jajarannya meresmikan sentra batik, Selasa (15/3/2022). Peresmian ini dilakukan di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Senin (14/3/2022).

Dikutip dari laman Dinas Kominfo Jatim, menurut Bupati Ra Badrut, sentra batik yang lokasinya berada di desa menjadi semangat tersendiri untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat, dan perajin batik secara khusus agar mampu bersaing dengan batik lain dari luar daerah.

“Mau masuk (lokasi sentra batik, red) atau tidak masuk yang penting semangatnya itu menghidupkan tempat ini. Karena tuahnya ada di dalam, maju atau tidak maju ada di dalam, yang penting nanti majunya kelihatan keluar,” kata Bupati.

Dia meminta semua pihak bergandengan tangan memajukan sentra batik di Desa Klampar, salah satunya dengan cara mempromosikan batik tulis Pamekasan secara masif. Utamanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diberi kewenangan mengelola sentra tersebut.

Sentra batik merupakan tempat menjual batik, dan tempat proses pembuatan batik tulis yang dilakukan oleh perajin. Tidak hanya baju batik, tetapi di tempat itu juga tersedia songkok batik, selendang batik, sarung batik, dan sepatu batik yang dipersiapkan untuk para pengunjung.

“Ayo kita bareng-bareng, tetapi tugas utama yang mengemban amanah ini adalah BUMDes, saya bersama pemerintah kabupaten akan ikut di belakang BUMDes. Ini sudah menjadi hak milik Desa Klampar, ini satu-satunya di Pamekasan, betapapun pembangunannya panjang,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca