Timprov Jatim Kolaborasi Monitoring Program USAID di Sumenep

Timprov Jatim Monitoring
Tim Provinsi Jatim melaksanakan monitoring bersama Program USAID Madani di Kabupaten Sumenep (Sumber: Pemkab Sumenep, 2023).

Sumenep – Tim Provinsi Jatim terdiri dari Bappeda, Bakesbangpol, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), dan Biro Kerjasama melaksanakan monitoring bersama Program USAID (United States Agency for International Development) Madani di Kabupaten Sumenep, pada Kamis, 9 Februari 2023.

Sebagaimana diberitakan Pemerintah Kabupaten Sumenep, kegiatan difasilitasi Senior FC USAID Madani Jawa Timur, Merco USAID Madani, Lakpesdam NU Sumenep, Forum MMS (Masyarakat Madani Sumenep), dan OPD terkait di Sumenep, meliputi Bappeda, Bakesbangpol, DPMD dan Dinas Kominfo, Sabtu (11/2/2023).

Proses diskusi monitoring dilaksanakan di Kantor Bappeda Sumenep dengan pengantar sambutan Kepala Bappeda Yayak Nurwahyudi.

“Kami menyambut baik kedatangan Tim Provinsi karena pada prinsipnya Sumenep sangat terbuka. Lakpesdam NU Sumenep dan Forum MMS ke depannya juga diharapkan semakin kuat,” ujar Yayak.

Yayak juga menyampaikan, pemerintah terus mendukung program-program di daerah, seperti USAID Madani, USAID ERAT, Stop TB, dan lain-lain untuk berkolaborasi dalam menangani masalah pembangunan di Kabupaten Sumenep.

Meskipun penyamaan persepsi butuh waktu lama, Yayak berharap nilai-nilai dan pendekatan Madani dalam peningkatan kapasitas, seperti IKO (Indeks Kinerja Organisasi) terus dikembangkan bersama Forum MMS dan Bakesbangpol.

“Replikasi hasil percontohan BUMDes sebaiknya di lokasi dengan kriteria kurang baik, berkembang, dan maju, sehingga pembelajarannya bisa lebih kompleks.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca