Wisata Sumenep Tetap Buka Menjelang Nataru 2022

Wisatawan saat mengunjungi Pantai Sembilan Giligenting Sumenep (Istimewa)

Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep tetap membuka izin operasi tempat wisata menjelang Perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Padahal, saat ini Sumenep masuk dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Destinasi Wisata Sumenep, Agus Sugianto mengatakan kondisi yang masih berada di tengah masa pandemi Covid-19 ini tidak menjadi halangan.

Menurutnya, sekalipun destinasi wisata pada hari nataru 2022 tetap dibuka, namun kapasitas maksimum pengunjung dibatasi 50 persen.

“Sampai saat ini aturan pemerintah pusat hingga daerah belum ada surat edaran terkait Nataru. Jadi regulasi untuk destinasi wisata khususnya di Kabupaten Sumenep tetap dibuka,” ungkapnya Rabu (15/12/12).

Meskipun wisata dibuka, pihaknya tetap menunggu yang baru dari Bupati. Sehingga pengelola tempat wisata saat ini harus membatasi jumlah pengunjung dan menekankan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat.

“Langkah-langkah yang sudah mulai dilakukan oleh pemkab setempat melalui UPTD destinasi wisata yaitu memasang rambu-rambu prokes dan tempat cuci tangan di pintu masuk wisata,” paparnya.

Ditanya soal persyaratan pengunjung, Agus menegaskan sementara waktu tidak ada persyaratan khusus seperti menggunakan kartu vaksin saat masuk dalam tempat wisata.

BACA JUGA:  70 Personil Ikuti Latkatpuan Polres Sumenep 

“Kalau untuk kartu vaksin, selama ini kita sudah mengajukan barcode qr peduli lindungi. Tapi sampai saat ini masih belum turun. Maka nanti setiap pengunjung wajib menunjukkan kartu vaksinasi,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan