Penyuluh Agama Islam KUA Banyuates Sukses Menyelenggarakan MTQ Tingkat Kecamatan

Foto para pemenang MTQ Banyuates dengan panitia dan pejabat KUA Banyuates.

Sampang – Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banyuates, Sampang, sukses menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) se-Kecamatan Banyuates, Sampang, pada Rabu, 22 Desember 2021.

 

Pada MTQ ini pihak panitia MTQ pengusung tema “Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Mewujudkan Insan yang Terampil, Berprestasi dan Berkarakter Islami,” Rabu (22/12/2021).

Ada 3 (tiga) lomba yang dikompetisikan di MTQ ini, yakni Tahfidz Al-Qur’an, Tartil Al-Qur’an, dan Qiroatul Al-Qur’an. Peserta lomba mencapai 108 orang peserta. Lokasi lomba dikonsentrasikan pada 3 (tiga) titik lokasi di Banyuates.

Tahfidz Al-Qur’an 5 (lima) juz dan tilawah ditempatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Jauhariyah Sembung, Tartil Al-Qur’an di ditempatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) Banyuates, dan Tahfidz Al-Qur’an 30 (tiga puluh) juz ditempatkan di gedung Arab Wing Banyuates, Sampang.

Dalam lomba Tahfidz Al-Qur’an 5 (lima) juz kategori putra, Wardiyanto dari MTs Nurul Anwar menjadi pemenang pertama, sedangkan kategori putri Fadilah dari PP. Al Maimunah manyabet juara pertama.

Tahfidz Al-Qur’an 30 (tiga puluh) juz kategori putra, Moh. Hidayatullah Ramadani peserta dari YYS. Al Kamail meraih juara pertama, sedangkan kategori putri Maili Safiroh dari MI Darul Ma’arif merebut juara pertama.

BACA JUGA:  Apes! Pemuda Ini Diamuk Warga Setelah Motor Curiannya Oleng dan Nabrak

Dalam lomba Tartil Al-Qur’an kategori putra juara, pertama direbut oleh Mochammad Helmi peserta dari MI Raudlatul Ulum, sedangkan untuk kategori putri juara pertama direbut oleh Susanti perserta dari MI Nurul Anwar.

Dalam lomba Qiroatul Al-Qur’an (Tilawah) kategori putra, juara pertama direbut oleh Subhan Al Faizin peserta dari MTs An Nur, sedangkan untuk kategori putri juara pertama direbut oleh Musyarrofah peserta dari MA Ittihadul Waqifin.

Hadir dalam lomba ini Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, Kasi Bimas Islam Kemenag Sampang, Kepala KUA Banyuates, Camat Banyuates, FORKOPINCAM Banyuates, dan Pengasuh Ponpes di Kecamatan Banyuates.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Sampang sangat mengapresiasi kegiatan Musabaqoh ini. Dia menyampaikan, “Saya harapkan nanti sudah terbentuk kepengurusan LPTQ tingkat kecamatan, sehingga ada kolaborasi lintas sektor yang dapat membina lebih lanjut potensi bibit-bibit generasi Qur’ani.”

Sinergis dengan pernyataan Kepala Kemenag Sampang, K.H. Tajul Umam Ketua Panitia Musabaqoh, berharap Banyuates menjadi contoh untuk kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sampang.

“Kita harus menjadi yang pertama, kalau tidak bisa jadilah yang utama, jika tidak memungkinkan lagi jadilah yang berbeda dengan yang lain, maka lewat momentum MTQ ini Kecamatan Banyuates akan mengawali agar menjadi contoh untuk kecamatan lainnya, “tutur K.H. Tajul Umam.

BACA JUGA:  Pererat Silaturahmi, PJS Temui Bupati

Menariknya, dalam MTQ ini banyak pihak swasta yang mendukung. Menurut penuturan salah satu panitia MTQ, kegiatan MTQ ini didukung oleh Alfin Wangi, Arab Wings, Sembung Swalayan, dan Nada Swalayan.

Tinggalkan Balasan