Dukcapil Sampang Gratiskan Seluruh Layanan Administrasi Kependudukan

Sampang – Pemerintah Kabupaten Sampang, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) telah dan terus mensosialisasikan bahwa tidak ada biaya apapun (gratis) dalam pembuatan administrasi kependudukan (Adminduk) seperti pembuatan KTP-el, Kartu Keluarga (KK), Akta kelahiran, Akta kematian dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Hal itu dijelaskan oleh Plt. Kepala Dispendukcapil Sampang, Edi Subinto, saat di temui media ini di ruangan kerjanya, Senin, (28/06/2021).

“Perlu disampaikan kepada masyarakat Sampang, bahwa pengurusan semua dokumen kependudukan gratis. Maka, silahkan kepada masyarakat untuk melengkapi dokumen kependudukan yang belum di miliki,” ungkapnya.

Adapun layanan yang digratiskan meliputi pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), maupun KTP elektronik (e-KTP).

Hal itu, menurut Edi Subinto sudah menjadi keputusan pemerintah pusat yang tertuang dalam regulsi yaitu Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018, bahwa pengurusan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya (gratis),” paparnya.

“Selain itu, mengurus dokumen kependudukan saat ini sudah tanpa melalui pengantar Rt/Rw, Kepala Desa dan Kecamatan, masyarakat bisa langsung datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Sedangkan untuk perekaman KTP bisa juga di Kantor Kecamatan dengan membawa foto copy kartu keluarga,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Kekeringan, Warga Robatal Sulit Dapatkan Air Bersih

Pria yang biasa disapa Edi itu mengatakan, ada tiga macam pelayanan yang harus melalui Kepala Desa. Pertama, penduduk yang belum pernah mempunyai dokumen kependudukan. Kedua, Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Desa. Ketiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari luar negeri tapi belum mempunyai dokumen kependudukan.

“Selain dari yang tiga itu, bisa diurus tanpa melalui Kepala Desa, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tertera di Perpres Nomor 96 Tahun 2018.”

“Jadi pengurusan Adminduk saat ini sudah dipermudah, agar masyarakat mampu melengkapi dokumen kependudukan masing-masing,” tuturnya.

Adanya isu yang beredar di tengah masyarakat yang harus mengeluarkan biaya untuk membuat dokumen kependudukan, Edi Subinto menyatakan dengan tegas bahwa mengurus dokumen kependudukan itu tidak dipungut biaya (gratis).

“Kalau di luaran sana ada yang memungut biaya, itu diluar tanggung jawab kami di Dispendukcapil,” ucapnya.

“Masyarakat bisa membuktikan dengan mengurus sendiri dokumen kependudukannya ke Dispendukcapil, bahwa di sini benar-benar tanpa dipungut biaya,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Bupati Resmi Melantik Tujuh Kepala OPD di Sampang

Tinggalkan Balasan