Jelang Pilkades Serentak di Sumenep, Ribuan Personel Disiagakan

Apel Serpas di halaman Mapolres Sumenep yang dihadiri jajaran Forkopimda setempat. (Sumber Foto: Humas Polres Sumenep)

Sumenep – Kepolisian Resort (Polres) Sumenep gelar apel Pergeseran Pasukan (Serpas) jelang H-2 pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 sebanyak 4.035 personel disiagakan untuk tahap pemungutan dan penghitungan suara.

Informasi yang dihimpun oleh jurnalis Madura pers.com, pilkades serentak dijadwalkan berlangsung pada tanggal 25 November mendatang. Pilkades serentak di Sumenep akan digelar di 84 Desa, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 661, dari 27 Kecamatan yang ada, baik Kepulauan maupun daratan.

Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya, mengungkapkan bahwa Personel yang dilibatkan meliputi Polri, TNI dan Linmas. Total personel yang dilibatkan dalam pengamanan Pilkades sebanyak 4.035 orang.

“Sebanyak 4.035 personil itu, terdiri dari Polri 2.361 orang, TNI 352 orang dan Linmas sebanyak 1.322 orang. Yang nantinya akan dibagi menjadi 2 wilayah yaitu daratan dan kepulauan”, papar Rahman saat menyampaikan sambutannya, Senin (22/11/21) kemaren.

Kemudian, untuk wilayah kepulauan Serpas menyesuaikan jadwal kapal laut. Diantaranya Kepulauan Masalembu yang sudah berangkat pada hari Sabtu (20/11/21 ) kemaren, pukul 08.00 WIB menggunakan Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 92 dan Kepulauan Raas berangkat pada Minggu (21/11/21) pukul 08.00 WIB kemaren, menggunakan KM Dharma Kartika.

BACA JUGA:  Sita 68 Motor Knalpot Brong dan Racing, Begini Cara Mengambilnya

“Untuk yang pergeseran pasukan Senin (22/11/2021), yakni Kepulauan Sapudi dan Nonggunong, berangkat pukul 08.00 WIB menggunakan KM Satya Kencana kemarin. Kemudian Kepulauan Kangean, Kangayan dan Sapeken berangkat pukul 09.00 WIB menggunakan KM Express Bahari 9C,” terangnya.

Pihaknya mengingatkan, kepada seluruh personel yang bertugas, untuk segera mengenali lingkungan, perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan KPPS atau panitia Pilkades serta tempat lokasi TPS berada.

Rahman menambahkan, untuk pelaksanaan pengamanan dan kawal kotak surat suara bersama-sama aparat lainnya termasuk KPPS atau Panitia Pilkades, tempat penyimpanan, dari desa menuju dusun tempat lokasi TPS berada dan sekembalinya berjalan lancar, serta memastikan kotak surat suara tersebut dalam kondisi aman.

“Perlu diingat kalau terjadi kejadian yang kontijensi atau menonjol, segera laporkan kepada Padal secara berjenjang, dari Padal wilayah atau Kapolsek untuk diteruskan kepada Kabagops dan Kapolres serta pimpinan satuan atas,” tegasnya.

Kapolres Rahman juga meminta kepada para calon Kades maupun tim sukses agar bersaing secara sehat, dan menjunjung tinggi azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan tidak akan terjadi kecurangan.

BACA JUGA:  Polemik Proyek Pembangunan Pasar Anom Sumenep Berlanjut, LPSE Dituding Tidak Profesional

“Para calon Kades dan tim sukses agar mampu mengendalikan para pendukungnya untuk menjamin pelaksanaan pemilihan Kades berjalan lancar, tertib, aman dan nyaman,” pintanya.

Menurutnya, karena Pelaksanaan Pilkades serentak di Sumenep masih berada di masa pandemi Covid-19, maka harus tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat digalakkan guna menghindari penyebaran virus tersebut.

“Laksanakan tugas dengan penuh semangat, disiplin, tulus, dan ikhlas. Yang terpenting juga harus tetap mematuhi Prokes yang ketat selama bertugas”, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan