Tokoh  

Jens Stoltenberg Sekretaris Jenderal NATO

Jens Stoltenberg, Sekretaris Jenderal NATO (Sumber: NATO, 2022).

Jens Stoltenberg menjadi Sekretaris Jenderal NATO pada Oktober 2014, mengikuti karir internasional dan domestik yang luar biasa. Mantan Perdana Menteri Norwegia dan Utusan Khusus PBB, Stoltenberg telah menjadi pendukung kuat kerja sama global dan transatlantik yang lebih besar. Mandat Stoltenberg sebagai Sekretaris Jenderal NATO telah diperpanjang hingga akhir September 2022.

Dilansir dari laman NATO, di bawah kepemimpinan Stoltenberg, NATO telah menanggapi lingkungan keamanan yang lebih menantang dengan menerapkan penguatan pertahanan kolektif terbesar sejak Perang Dingin, meningkatkan kesiapan pasukannya dan mengerahkan pasukan tempur di bagian timur Aliansi.

Dia percaya pada pencegahan dan pertahanan yang kredibel sambil mempertahankan dialog dengan Rusia. Dia juga menganjurkan peningkatan pengeluaran pertahanan dan pembagian beban yang lebih baik dalam Aliansi, dan fokus yang lebih besar pada inovasi.

NATO juga telah meningkatkan upayanya dalam memerangi terorisme. Dia sangat mendukung pendekatan kemitraan, dengan kerja sama antara NATO dan Uni Eropa mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sebelum di NATO, dia adalah Utusan Khusus PBB untuk Perubahan Iklim dari 2013 hingga 2014. Dia juga memimpin Panel Tingkat Tinggi PBB tentang pendanaan iklim dan koherensi antara kebijakan pembangunan, bantuan kemanusiaan, dan lingkungan.

Sebagai Perdana Menteri Norwegia, Stoltenberg meningkatkan pengeluaran pertahanan dan mengubah angkatan bersenjata Norwegia dengan kemampuan dan investasi kelas atas yang baru. Dia juga menandatangani perjanjian dengan Rusia tentang penetapan perbatasan laut di Laut Barents dan Laut Kutub, mengakhiri perselisihan selama 30 tahun.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca