Hikmah  

Pahala dan Keutamaan Tadarus di Bulan Suci Ramadhan

Ilustrasi orang Islam (umat Islam) sedang membaca Al-Qur'an di bulan suci Ramadhan (Dok. Madurapers, 2022).

Bangkalan – Membaca Al-Qur’an akan mendapatkan kebajikan yang sangat luar biasa. Apalagi kegiatan itu dilakukannya di bulan suci Ramadhan.

Kegiatan membaca Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan tersebut dikenal/disebut oleh masyarakat Indonesia sebagai kegiatan tadarus Al-Qur’an.

Kegiatan ini tentu mendatangkan ganjaran pahala yang berlipat ganda dari Allah S.W.T., kepada orang yang melaksanakannya selama di bulan suci Ramadhan.

Rasulullah s.a.w., menjelaskan dalam salah satu hadits: “Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (H.R. Bukhari-Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan membaca Al-Qur’an atau tadarus pada bulan suci Ramadhan, maka kita akan mendapatkan pahala yang sama dengan 70 kali lipat kewajiban di bulan yang lain.

BACA JUGA:  Ragam Makna Syukur Menurut Ulama

Sementara itu, keutamaan membaca Al-Qur’an atau tadarus yang paling utama ialah syafaat yang diberikan pada saat di hari akhir atau hari kiamat.

Nabi Muhammad s.a.w., bersabda: “Hendaklah kalian membaca Al-Qur’an karena ia nanti akan datang sebagai pemberi syafa’at bagi pembacanya pada hari kiamat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Selain hadits di atas, dalam riwayat lain Nabi Muhammad s.a.w., juga menyebutkan bahwa pembaca Al-Qur’an akan ditempatkan bersama para malaikat yang mulia.

“Orang yang mahir dalam membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan selalu berbuat baik, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan (dalam membaca), maka baginya dua pahala.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Demikian, pahala dan keutamaan tadarus Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan. Tunggu apalagi, yuks tadarus Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan ini!

Tinggalkan Balasan