Kasus Covid-19 di Sumenep Menurun, Ketersediaan Dosis Vaksin Masih Tinggi

Agus Mulyono, Kepala Dinkes Kabupaten Sumenep, saat diwawancara awak media ini, Kamis 30/09/2021. (Doc. Moh Busri)

Sumenep – Perkembangan sebaran Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Madura, sudah mulai menurun, berdasarkan hasil data asesmen yang dihimpun oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep.

Kepala Dinkes Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono mengungkapkan bahwa, per tanggal 26 September 2021, kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sumenep sudah kurang dari 1 persen.

“Kalau kita lihat dari asesmen situasi Covid per tanggal 26 September 2021 dengan ukuran 6 indikator maka konfirmasinya sudah rendah,” ungkap Agus, Kamis (30/09/2021).

“Persentasenya kurang dari 1 persen. Kemudian rawat inap di rumah sakit sudah turun juga. Kematian juga sudah landai, di sisi lain untuk tracing sudah melandai,” tambahnya.

Sekalipun demikian, pihaknya terus memasifkan vaksinasi bagi seluruh kalangan untuk memutus sebaran Covid-19 di Sumenep, sementara capaian vaksinasi di Kabupaten Sumenep sudah sebanyak 24 persen.

“Vaksinasi juga masih kita masifkan dan posisi saat ini sudah mencapai 24 persen. Tapi yang masuk di dasbor itu sekitar 18 persen,” jelasnya.

Capaian tersebut, tentunya didukung oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi sebagai salah satu solusi untuk melawan serangan virus yang telah berlangsung selama dua tahun ini.

BACA JUGA:  Potret Pengangguran di Probolinggo 2021

“Sedangkan progres kita kalau dilihat pada tanggal 3 Juli hanya sekitar 500 orang yang divaksinasi, itu dalam satu hari. Sekarang sudah mencapai 9 ribu lebih dan per hari ini bisa jadi tembus 10 ribu,” katanya.

Bahkan tidak puas sampai di sini saja, vaksinasi itu akan terus dilakukan hingga Covid-19 benar-benar usai. Oleh karenanya, saat ini pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep telah menyediakan 110 ribu dosis vaksin untuk sasaran ke depan.

“Saat ini kami sediakan alokasi vaksin yang cukup, sekarang kita siap 110 ribu dosis vaksin,” tandasnya.

Editor: Ady

Tinggalkan Balasan