Temuan Teknologi Unik Terbaru

Foto Ilustrasi Teknologi Unik Terbaru (Sumber; CBC Kids)

Bangkalan – Teknologi membantu manusia hidup lebih mudah. Temuan teknologi—berupa alat, gadget, dan sebagainya—dampaknya positif terhadap kehidupan manusia.

Dilansir Madurapers dari CBC Kids di laman https://www.cbc.ca ada 10 (sepuluh) teknologi unik terbaru yang ditemukan manusia modern, yang dapat membantu kehidupan manusia. Teknologi tersebut: (1) sikat gigi pintar, (2) burung robot, (3) jam matematika, (4) lampu sepeda, (5) helm menyala, (6) jaring latihan basket, (7) robot ikan, (8) drone penyelamat, (9) kendaraan roda dua, dan (10) tempat sampah pintar.

Sikat gigi pintar (smart toothbrush) merupakan gadget baru yang dapat membantu manusia membersihkan gigi dalam 3 (tiga) detik. Penggunaannya cukup mudah, ketika alat pintar ini dimasukkan ke dalam mulut secara otomatis sikat gigit berputar dan pasta gigi menyemprotkan obat kumur dari nozel kecil yang berguna untuk membersihkan lidah.

Robot burung (robot birds) jenis elang dapat membantu keselamatan penerbangan di bandara. Burung asli dapat membahayakan lepas landas dan pendaratan pesawat terbang di bandara. Penggunaannya robot burung elang ini diterbangkan untuk menakut-nakuti burung asli, sehingga burung asli menjauh dari bandara.

BACA JUGA:  Hari Lahan Basah Sedunia, Apa Pentingnya?

Jam matematika (math clock) membantu memoles keterampilan matematika anak. Jam ini tidak seperti jam konvesional, tapi menampilkan matematika persamaan. Misal jika jam menunjukkan 7+2 jam dan 14-4 menit, berarti pukul 9:18.

Lampu sepeda (bike light) adalah gadget baru dapat digunakan di malam hari yang gelap. Sistem teknologi ini menciptakan cincin ganda laser merah di tanah di sekitar sepeda ketika mobil terlalu dekat. Berkat lampu ini, pengemudi mobil mengetahui keberadaan sepeda, sehingga kecelakaan potensial tidak terjadi.

Helm menyala (light-up helmet) adalah helem pintar pertama di dunia. Helem ini disebut lumos yang memiliki lampu putih di depan dan lampu merah di belakang., sehingga pengendara sepeda bisa terlihat di sisi gelap, termasuk saat menikung di jalan tikungan.

Jaring latihan basket (basketball practice net) dapat digunakan untuk berlatih lemparan bebas. Alat ini dapat menangkap bola basket ketika anda melemparkan ke jaring dan mengirimkannya ke pemegang di bawah. Dengan begitu anda bisa merebut bola dengan cepat dari holder dan melakukan lemparan lagi.

BACA JUGA:  Teknologi yang Mengubah Dunia

Robot ikan (fish robot) seperti ikan kecil yang disebut dengan ikan zebra. Robot ini tidak dicurigai ikan-ikan zebra asli dan dianggap sebagai ikan zebra asli, sehingga robot ikan ini dapat mengubah arah berenang ikan asli ke tujuan yang dikehendaki pengontrol ikan robot. Dengan demikian, manusia pengontrol robot ikan dapat mempelajari perilaku ikan asli tersebut.

Drone penyelamat (lifesaver drone) digunakan untuk meyelamatkan perenang dan peselancar. Alat ini diprogram untuk terbang di atas perairan terbuka dan memperingatkan perenang/peselancar dan penjaga pantai melalui pengeras suara jika ada hiu di sekitarnya. Selain itu, alat ini dapat menjatuhkan pelampung tiup untuk membantu perenang/peselancar sebelum penjaga pantai membantu penyelamatan.

Kendaraan roda dua (two-wheeler) adalah kendaraan yang dapat digunakan seperti skateboard, dmana pengendara berdiri di atasnya. Kendaraan ini sangat bertenaga yang bisa dibawa ke mana saja, seperti tanah, pasir, rumput, trotoar, dan salju. Remot kontrol kendaraan dapat digunakan untuk mengatur kecapatan laju kendaraan.

Tempat sampah pintar (smart trash bin) adalah alat pendaur ulang sampah otomatis. Alat ini dapat menyortir sampah dan mendaur ulangnya, sehingga pekerjaan memilah dan mendaur ulang sampah tidak lagi merepotkan manusia.

BACA JUGA:  Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional 21 Februari 2022 UNESCO

Tinggalkan Balasan