Diduga Beritakan Hoaks, Media Online di Sumenep Dilaporkan ke Polres dan Dewan Pers

Novel, Ketua Yayasan RSU Sumekar, saat menyerahkan berkas pelaporan ke Kasi Pidum Polres Sumenep. (Sumber Foto: Fauzi)

Sumenep – Rumah Sakit Umum (RSU) Sumekar Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur laporkan salah satu media online kepada Markas Kepolisian Resort (Mapolres) setempat, Rabu, 2 Maret 2022.

Pasalnya, media online tersebut telah memberitakan informasi hoaks kepada masyarakat, sehingga merugikan pihak rumah sakit swasta tersebut.

Ketua Yayasan RSU Sumekar, Novel mengatakan salah satu media online tersebut bernama okedailydotcom. Pada 28 Februari 2022 kemaren, menerbitkan berita dengan judul “Dunia Kesehatan Sumenep Coreng Wajah JKN.”

“Isi beritanya hoaks. Jelas bisa memberikan efek tidak baik bagi RSU Sumekar,” kata Novel, saat melakukan pelaporan ke Mapolres Sumenep, Selasa (1/3/2022) siang kemarin.

Dirinya menilai, bahwa media online tersebut telah menuduh pihak rumah sakit selalu mengarahkan pasien untuk menggunakan fasilitas umum meski memiliki Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Apa yang tulis di media itu tidak sesuai dengan regulasi yang ada,” tegas Novel.

Pasalnya, puluhan ribu pasien telah menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan di rumah sakit tersebut.

“Media online ini tidak melakukan konfirmasi dulu sebelum memuat berita kepada pihak RSU Sumekar. Jelas sudah melanggar kode etik jurnalistik, karena berita itu sudah tidak berimbang,” terangnya.

Novel menguraikan, sebenarnya, salah satu pasien yang dimaksud dalam pemberitaan media online okedailydotcom tersebut telah membuat pernyataan sendiri untuk menggunakan pelayanan umum dari pada BPJS Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Madurapers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca