Dinas Pendidikan Sumenep Upayakan Profil Pelajar Pancasila Bisa Terwujud

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumenep dalam acara penguatan profil pancasila di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rubaru I Kecamatan Rubaru. (Sumber Foto: Dinas Pendidikan Sumenep).

Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat upayakan pelajar memenuhi 6 (enam) profil pelajar pancasila. Jumat 24 Juni 2022.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumenep dalam acara penguatan profil pancasila di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rubaru I Kecamatan Rubaru.

Acara yang mengusung tema ‘Kearifan Lokal (Makanan dan Permainan Tradisional Daerahku)’ diketahui dilaksanakan pada Kamis, 23 Juni 2022 kemaren.

Dalam kegiatan ini, Kadisdik Sumenep Agus Dwi Saputra didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD, Ardiansyah Ali Shochibi. Hadir pula, jajaran dewan guru SDN SDN) Rubaru I Kecamatan Rubaru berikut pengawas pendidikan setempat

Kadisdik Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan dalam sambutannya, bahwa peserta didik yang ada di ujung timur Pulau Madura agar memenuhi karakteristik pelajar pancasila.

“Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020,” ungkap Agus, Kamis (23/06/2022) kemaren.

Lebih lanjut, 6 (enam) profil pelajar pancasila menurutnya yaitu, beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

“Semua ini harus ditanamkan dalam diri para pelajar dimulai dari jenjang pendidikan anak usia dini sampai dengan pendidikan tinggi,” katanya menegaskan.

Untuk itu, pihaknya meminta agar semua unsur pendidikan dan elemen masyarakat yang dimulai dari sekitar wilayah sekolah para pelajar bisa bersama-sama sinergi mewujudkan profil pelajar pancasila.

“Tanpa ada kerjasama dengan semua pihak, tentu hal ini mustahil bisa terwujud,” pungkasnya.