Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lakukan Penyuluhan Pestisida Nabati di Kampung Wisata Sungai

Anggota Penyuluh Pertanian Saat Memberikan Edukasi Kepada Warga Kampung Wisata Sungai, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang (Doc. Abd Rosyid For Madura Pers).

Sampang – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan – KP) melalui Penyuluh Pertanian Kecamatan Sampang melakukan pendampingan dan pelatihan pembuatan Pestisida Nabati di Kampung Wisata Sungai, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Senin (05/07/2021).

Kiki, Selaku Anggota Penyuluh Pertanian Kecamatan Sampang mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat dan cara pembuatan pestisida nabati.

“Pestisida nabati ini tidak bahaya untuk tanaman, juga bahan-bahan membuat pastisida nabati mudah didapat. Maka, dengan kegiatan ini masyarakat supaya tidak terbiasa memakai bahan berkimia,” ungkapnya.

Menurut Kiki, pestisida nabati bersifat “pukul dan lari” (Hit and Run), saat diaplikasikan akan membunuh hama saat itu juga, setelah hamanya mati residunya akan hilang di alam. Dengan demikian produk terbebas dari residu pestisida aman dikonsumsi oleh masyarakat.

“Semoga warga Kampung Wisata Sungai, semakin semangat dalam merawat tanamannya. Sehingga, tanaman dan tanah tetap sehat,” harap Kiki.

“Kampung Wisata Sungai adalah salah satu kampung yang mungkin bisa dicontoh oleh kampung lainnya. Karena masyarakat tersebut sangat semangat dan kompak, dari swadaya sehingga bisa melakukan hal seperti ini tidak melalui bantuan,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Terjadi Kecelakaan di Sampang, Satu Orang Mengalami Gegar Otak

Tinggalkan Balasan