Kasus Covid-19 di Sumenep Meningkat, Kadinkes: Tingkat Kesembuhan Lebih dari 90 Persen

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono, saat diwawancarai. (Foto: Istimewa).

Sumenep – Merebaknya pandemi Covid-19 sudah berlangsung cukup lama, sehingga menghadirkan banyak asumsi yang bermacam-macam, termasuk hoax (berita bohong).

Akibatnya, masyarakat semakin dibuat resah dengan adanya berita hoax tersebut. Maka dari itu Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono menghimbau agar masyarakat tetap konsisten untuk menjaga imunitas tubuh.

Menurut keterangan yang disampaikan olehnya, kini tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Sumenep telah mencapai lebih dari 90 persen. Akan tetapi, di samping itu tingkat terkonfirmasi/ positif juga ikut meningkat.

“Jadi saat ini memang tingkat kesembuhan itu sudah mulai tinggi, lebih dari 90 persen. Walaupun juga terjadi peningkatan yang terkonfirmasi,” ungkap Kadinkes Agus Molyono, Sabtu, (17/07/2021).

Adapun pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, adalah pasien yang telah melalui tes rapid, atau juga mereka yang telah melalui tes polymerase chain reaction (PCR).

Sedangkan bagi masyarakat yang merasakan adanya gejala Covid-19, Agus Mulyono mengimbau untuk segera menerapkan isolasi mandiri sekurang-kurangnya 14 hari. Jika belum merasa ada perkembangan maka diminta untuk menambahnya menjadi 21 hari, serta diimbangi dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bernutrisi.

BACA JUGA:  Capaian Program KB di Sumenep Masih Nihil, Begini Kata Dinas KB

“Untuk yang terkonfirmasi Covid-19 adalah mereka yang terdeteksi lewat tes rapid antigen atau polymerase chain reaction (PCR). Itu juga bisa dilihat dari tingkat penyakitnya, misalnya ringan bisa isolasi mandiri secara ketat dan tingkatkan imunitas,” terangnya

Bahkan sebagai bentuk keseriusannya, jika pasien sudah merasakan gejala yang sangat parah, diimabu untuk segera memeriksakan diri kerumah sakit. Sebab penanganannya harus diprioritaskan.

“Misalkan memiliki riwayat sesak nafas, rasio oksigennya harus di atas 95 persen. Namun jika ditambah dengan gejala lain seperti badan panas, juga harus segera dilakukan penanganan sebelum parah,” imbaunya.

Selain menjaga imunitas tubuh dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) masyarakat diwanti-wanti untuk menenangkan diri agar tidak panik, sebab menurutnya kekuatan mental merupakan hal yang juga sangat penting.

“Minimal itu saja, harus ada perlindungan pada tubuh kita sendiri. Imunitas itu akan meningkat jika kita tidak panik, jadi kita harus bahagia, dan istirahat yang cukup. Intinya protokol kesehatan dilakukan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan