Safari Literasi, PJS Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

Terlihat saat Pemateri memaparkan materinya kepada siswa-siswi SMPN 1 Banyuates (Sumber Foto : Galery PJS)

Sampang – Asosiasi wartawan dari Persatuan Jurnalistik Sampang (PJS), bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkap), menggelar Pelatihan Dasar Jurnalistik (PDJ) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Banyuates, Sampang, Madura, Sabtu (27/11/2021).

Pelatihan jurnalistik tersebut mengusung tema “Cerdas Literasi Untuk Sampang Hebat Bermartabat”, kemudia pelatihan itu dibuka langsung oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Banyuates, Budi Santoso.

Faris Reza Malik, selaku ketua Persatuan Jurnalis Sampang, mengatakan bahwa acara tersebut diprakarsai oleh wartawan Sampang yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten setempat. Ia mengaku jika safari jurnalistik ini merupakan bagian dari program rutinitas PJS.

“Komitmen kami untuk mengajak para generasi muda di Kabupaten Sampang untuk mengenal dasar-dasar jurnalistik dan bisa menumbuhkan iklim literasi saat ini,” tutur Faris, Sabtu (27/11/2021).

Lebih lanjut, dalam agenda ini Ada 3 point penting yang menjadi pembahasan dari acara safari jurnalistik. Pertama, tentang kiat-kiat dan motivasi menulis. Pembahasan ini menekankan tentang betapa pentingnya menjadi penulis bagi generasi muda. Kedua, membahas tentang cerdas bermedia sosial dengan harapan agar para siswa bisa membedakan antara informasi yang benar-benar terjadi dengan berita bohong.

BACA JUGA:  Lakukan Sosialisasi Ke-70 Sekolah, Himaba Mengajak Siswa-siswi Bangkalan Melanjutkan Pendidikan ke PTN/S

“Tanpa disadari banyak siswa dan generasi muda saat ini yang mudah termakan berita bohong lantaran minimnya kroscek dan ricek terhadap kebenaran informasi,” jelas Faris.

Selain itu, kata Faris, PJS juga mengenalkan para siswa tentang dasar-dasar jurnalistik dan beragam macam tulisan seperti berita, artikel, dan features.

“Para siswa yang sudah mengikuti acara pelatihan dasar jurnalistik, nantinya akan dibimbing melalui virtual dan group whatsapp untuk mendapatkan pelatihan yang lebih intens. Acara ini akan berlanjut ke beberapa sekolah lainnya,” ucap Faris.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Banyuates, Budi Santoso, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan dasar jurnalistik yang digelar di SMPN 1 Banyuates.

“Belum tentu sekolah lain mendapatkan ilmu-ilmu dasar jurnalistik. Jadi kalian semua harus bersyukur. Karena, Persatuan Jurnalis Sampang telah memilih SMPN 1 Banyuates untuk melaksanakan kegiatan safari jurnalistik-nya,” kata Budi saat sambutan di hadapan siswa-siswi yang mengikuti pelatihan tersebut.

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak untuk PJS dan saya titip murid-murid ini, tolong dijelaskan kepada mereka semua, cara bermedia sosial maupun cara menulis baik dan benar mulai menataan dan strukturalisasinya,” Pungkasnya.

BACA JUGA:  Pesantren Merespons Kehadiran Teknologi Digital

Tinggalkan Balasan